Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 29 Apr 2019 11:26 WIB

Jangan Ngutang Buat Modal Bisnis Musiman Bulan Puasa

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Tak sedikit orang yang ingin mencoba peruntungan di bulan puasa dengan membuka bisnis sampingan. Bagi yang punya modal pas-pasan itu tak jadi halangan. Pasalnya bisnis musiman ini tak butuh modal besar.

Perencana Keuangan Eko Endarto menilai besar kecilnya modal yang dibutuhkan relatif. Itu kembali lagi kepada masing-masing orang ingin berbisnis yang seperti apa. Tapi pada dasarnya tak butuh modal besar.

"(Modalnya) relatif ya sebesar apa bisnisnya, (tapi) rata-rata nggak terlalu besar," kata dia saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Bagi yang tak punya modal besar bisa diakali dengan menjadi reseller atau dropshipper. Sederhananya kita hanya menjadi perantara antara konsumen dan pemilik barang. Dengan kata lain kita tak perlu keluar uang untuk membeli barang yang bakal dijual. Hal itu biasanya diterapkan dengan memanfaatkan media sosial.

Jadi misalnya ingin berjualan baju muslim atau perlengkapan ibadah yang banyak dicari saat bulan puasa, cukup dengan menjadi reseller saja.

"Sekarang kan mereka bisa jadi dropshipper, bisa jadi reseller juga kan, nggak perlu punya barang yang penting punya relasi. Tinggal ambil barangnya, tinggal order, tinggal dikirim langsung (ke konsumen) kan bisa," paparnya.



Untuk modal yang dibutuhkan itu, dia tidak menyarankan menggunakan pinjaman. Lebih bijak jika modal tersebut berasal dari kantong pribadi.

Untuk berjualan takjil memang membutuhkan investasi lebih dengan menyediakan perlengkapan untuk menjajakan makanan, tapi itu tidak sampai merogoh kocek dalam-dalam.

"Sebaiknya jangan pinjaman deh, sebaiknya ya, ya jangan sampai gara-gara bisnis musiman nah efeknya ke belakangnya lebih panjang, utangnya kan jangka panjang tuh takutnya nggak kebayar-bayar kan," tambahnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed