Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 29 Apr 2019 12:15 WIB

Jajal Bisnis Musiman Bulan Puasa Bisa Sambil Kerja?

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Pradita Utama Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta - Biasanya pengeluaran masyarakat di bulan puasa bakal meningkat untuk membeli berbagai keperluan. Sikap konsumtif masyarakat di bulan puasa justru bisa dimanfaatkan untuk membalik keadaan yaitu meningkatkan pemasukan.

Mereka yang sehari-hari bekerja formal, seperti kantoran misalnya bisa juga memanfaatkan peluang bisnis musiman di bulan puasa. Kerja dari pagi sampai sore tak jadi alasan untuk memulainya.

Perencana Keuangan Eko Endarto mengatakan, bila memang tak punya banyak waktu bisa mengandalkan pertolongan dari orang-orang terdekat, ketimbang menggunakan jasa orang lain.

"Kalau mereka sudah bekerja atau punya bisnis, kecuali dipegang istrinya atau keluarganya it's okay," kata dia saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (29/4/2019).



Di zaman yang serba online juga makin memudahkan membuka bisnis sampingan sambil bekerja, yang penting tidak mengurangi produktivitas dan kewajiban bekerja.

Beda halnya ketika tidak ada layanan media sosial, berjualan harus menggunakan tempat sehingga tak bisa dijalankan sambil bekerja kecuali menggunakan jasa orang lain.

"Zaman sekarang bisa saja karena online ada kan, dia punya komunitas, punya online ya pakai online saja, mungkin memang nggak harus punya tempat jadi mereka bisa langsung online nggak masalah, misal punya WhatsApp, Facebook," tambahnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed