Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 29 Apr 2019 14:45 WIB

RI Pasar Besar, Bisnis Musiman Bulan Puasa Dijamin Untung

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Rifkianto Nugroho Ilustrasi/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Sebentar lagi bulan puasa tiba, bakal muncul beragam bisnis musiman mulai dari takjil, pakaian muslim, perlengkapan ibadah hingga kue lebaran. Namun jika ingin menjajal bisnis tersebut, apakah bisa untung hanya dalam waktu sebulan?

Perencana Keuangan Eko Endarto meyakini bahwa bisnis musiman di bulan puasa pasti bakal memberi keuntungan jika bisnis yang dipilih memang sesuai dengan momennya.

"Kalau memang bisnisnya bagus ya sesuai dengan pasarnya, yang beli juga banyak pasti bisa untung," kata dia saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (29/4/2019).



Jika kita berniat untuk mencoba peruntungan bisnis musiman di bulan puasa, kita bukan satu-satunya. Tentunya bakal muncul banyak pedagang dadakan lainnya yang menjual produk-produk yang banyak dicari saat puasa.

Cuma saat bulan puasa permintaan masih akan lebih tinggi daripada persediaan yang ada di pasaran. Jadi menurutnya tidak perlu khawatir bisnis yang kita jalani tak laku gara-gara kalah dengan yang lain, karena pasarnya tersedia.

"Sebenarnya kita ini kan lebih banyak orang yang membutuhkan dibandingkan orang yang jualan. Jadi sebenarnya sih nggak masalah persaingan, istilahnya rejeki orang selalu ada lah nggak usah takut sama persaingan," jelasnya.

Hanya saja memang harus konsisten menjalankan bisnis tersebut. Jika tidak bisa saja bukannya untung malah buntung.

"Misalnya sehari buka, besoknya nggak jualan, besoknya iya, nggak lagi gitu. Nah itu yang masalah, harusnya tiap hari harus konsisten, kenapa? Karena kan orang juga baru kenal kan, dengan takjilnya dia misalnya, sehingga ada yang coba kalau bisa besoknya ada lagi, coba lagi kan gitu," tambahnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed