3,6 Ton Bawang Putih Digelontorkan untuk Operasi Pasar di Banten

Bahtiar Rifa'i - detikFinance
Selasa, 30 Apr 2019 19:35 WIB
Foto: Hasan Al Habshy
Serang - Pemprov Banten melakukan operasi pasar jelang bulan puasa untuk menekan harga bawang putih. Di pasar-pasar tradisional, kenaikan bawang putih mencapai harga Rp 48 ribu/kg.

Hari ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Banten menurunkan 3,6 ton bawang putih ke Pasar Induk Rau, Kota Serang. Operasi dilakukan untuk menekan komoditas ini yang semakin naik jelang ramadan.

"Hari ini operasi pasar kita turunkan 3,6 ton bawang putih. Bawang putih ini telat pasokan sehingga menjelang ramadan perlu segera digelontorkan ke pasar," kata Kadis Disperindag Banten Babar Suharso kepada wartawan di Serang, Selasa (30/4/2019).


Menurutnya, harga bawang rata-rata di Banten mengalami kenaikan antara Rp 45-50 ribu/kg. Harapannya, dengan operasi pasar ini dapat menekan harga kembali normal. Pihak pengecer juga diminta untuk menurunkan harga karena pasokan bawang putih di Banten kembali aman.

Selain di Kota Serang, operasi pasar bawang putih juga akan dilakukan di Pasar Induk Kranggot Cilegon dan Kota Tangerang pada esok hari. Ia mengatakan, kenaikan harga bawang di pasar disebabkan terlambatnya pasokan. Di tambah, bahwa petani lokal hanya bisa menyiapkan 10 persen bawang putih untuk kebutuhan nasional.

"Ini telat pasokannya, karena kebutuhan nasional 90 persen impor, produk lokal 10 persen," ujarnya.

Ia berharap, kebijakan impor bawang putih ke depan bisa sertai kebijakan bahwa importir harus menyediakan produksi di dalam negeri. Ini diperlukan untuk menanggulangi ketergantungan impor khususnya atas bawang putih. (bri/dna)