Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 01 Mei 2019 10:40 WIB

Butuh Mobil Buat Mudik, Sewa Atau Beli, Ya?

Robi Setiawan - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran seringkali dimanfaatkan kebanyakan orang untuk pulang ke kampung halaman, alias mudik. Saat mudik semua anggota keluarga pun dibawa, ditambah dengan barang bawaan atau oleh-oleh yang menumpuk.

Dengan barang bawaan yang banyak, mudik dengan mobil pribadi menjadi salah satu pilihan paling diminati. Hal ini terbukti dari padatnya jalur tol setiap musim mudik, yang mana didominasi oleh kendaraan pribadi.

Lalu bagaimana bagi yang belum memiliki mobil pribadi? Sebelum memutuskan, sebaiknya mempertimbangkan terlebih dahulu, apakah memang membutuhkan mobil pribadi, atau bisa dengan alternatif lain seperti kendaraan umum dan motor.

Jika memang membutuhkan mobil pribadi, yang bisa dilakukan adalah di antaranya dengan menyewa mobil. Tak sedikit orang yang memilih menyewa mobil saat lebaran karena memang kebutuhannya hanya untuk aktivitas mudik dan liburan.


Berdasarkan data yang pernah dihimpun detikFinance, harga sewa mobil jenis Avanza atau MPV yaitu Rp 5 juta untuk 10 hari, atau seharinya Rp 500 ribu. Sedangkan jenis Innova paket yang ditawarkan seharga Rp 7 juta untuk 10 hari.

Tarif tersebut belum dengan ongkos sopir dan bensin. Tarif sewa mobil ini lebih tinggi dibanding hari-hari bukan musim mudik, yang mana biasanya Avanza disewakan dengan tarif Rp 350 ribu per hari.

Memang tarif sewa mobil ini bervariasi tergantung dari pemilik rental. Namun pada umumnya harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan harga yang sudah disebutkan di atas.

Walau demikian, jika Anda memiliki dana lebih untuk sebuah DP mobil, masih ada waktu untuk membeli mobil idaman dengan cara kredit. Tentunya bagi Anda yang lebih memilih untuk memiliki mobil pribadi ketimbang menyewanya.

Menjelang Bulan Ramadan dan Lebaran, beberapa bank biasanya menawarkan promo khusus yang memudahkan atau menguntungkan pengajuan kredit. Misalnya BCA Finance yang saat ini menawarkan program kredit mobil gratis asuransi satu tahun.

"Untuk konsumen yang mengambil promo kredit mobil gratis asuransi satu tahun, berkesempatan untuk mendapatkan gratis asuransi komprehensif di tahun pertama," kata Deputy Director BCA Finance, Carolina Lukito kepada detikFinance beberapa waktu lalu.


Untuk waktunya, ia menjelaskan penawaran ini berlaku mulai 25 April sampai dengan 31 Mei 2019. Syaratnya kendaraannya harus kendaraan penumpang, dengan tenor kreditnya 5 hingga 6 tahun.

"Kalau orang ambil kredit tenor 5 dan 6 tahun, yang mana tidak semua multifinance tidak bisa sampai 5 atau 6 tahun, di BCA Finance 5 dan 6 tahun dikenal dengan program Fix & Cap," katanya.

"Dengan Fix & Cap ini memungkinkan konsumen mengambil mobil dengan cicilan tabungan sangat kompetitif, sehingga cicilannya sangat rendah. Kalau cicilannya sangat rendah berarti tinggal ke biaya-biaya lainnya, salah satunya adalah biaya asuransi," jelasnya.

Ia pun menjelaskan program ini merupakan program add on, artinya konsumen bisa tetap menerima semua benefit dari Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), atau dari dealer.

"Jadi semua bonusnya, semua harga khususnya itu semua bisa dapat. Kalau dia ambil 5-6 tahun pakai BCA Finance maka dia otomatis mendapatkan kredit gratis asuransi 1 tahun," pungkasnya. (idr/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed