Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 03 Mei 2019 17:14 WIB

Bulog Masih Simpan 1,4 Juta Ton Beras Impor

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Majalengka - Perum Bulog menyatakan untuk menghadapi bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, sebanyak 2.034.965 ton stok beras telah disiapkan. Bulog akan melakukan pengadaan beras sebesar 1,8 juta ton.

Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Bulog, Imam Subowo menyatakan bahwa dari total keseluruhan stok beras, 1,4 juta ton di antaranya adalah beras impor, sisanya 634.965 ton adalah beras dari dalam negeri.

"Kalau untuk yang stok beras 1,4 juta ton itu LN (luar negeri). Sisanya (634,965 ton) itu dalam negeri," kata Imam di Gudang Bulog Ligung, Majalengka, Jawa Barat, Jumat (3/5/2019).


Imam menyebutkan bahwa memang pihaknya masih banyak menahan beras impor untuk cadangan beras di dalam negeri.

"Ya kami memang yang luar negeri itu belum kita gelontorkan karena kami gunakan untuk cadangan dalam negeri," ungkap Imam.

Imam sendiri menegaskan bahwa Bulog tidak akan melakukan impor beras kembali. Menuurutnya, jumlah beras baik yang dimiliki Bulog maupun di masyarakat dinilai cukup.

"Ndak Insyaallah ndak (impor). Kalau melihat situasi apalagi masih punya 2 juta di masyarakat masih ada panen masih jalan rasanya masih aman," ungkap Imam.

Lalu, apabila melihat potensi panen menurutnya panen petani Indonesia masih banyak yang bisa diserap Bulog. Dari data BPS saja menurutnya, ada 32 juta ton beras produksi petani, sedangkan Bulog hanya butuh 2 juta ton saja.

"Kalau melihat potensi panen rasanya masih luar biasa. Katakan BPS produksi tahun 2018 kemarin 32 juta ton nggak semuanya jelek kan, yang diambil Bulog katakanlah 2 ton masih jauh," kata Imam.

"Insyaallah masih cukup, kita akan serap. Maka pak Dirut bilang optimis kita akan serap kita akan usaha semaksimal mungkin kita tidak akan impor," tambahnya.


Sebelumnya, Bulog sendiri memastikan bahwa ada 2 juta ton beras yang di stok di seluruh wilayah Indonesia. Lalu, Bulog akan melakukan pengadaan sebanyak 1,8 juta ton untuk digelontorkan ke masyarakat.

"Tentu kesiapan Bulog untuk bulan Ramadan sudah siap. Kita punya 2 juta ton tersebar di seluruh Indonesia, jadi untuk beras kami rasa sangat aman," ujar Imam di Gudang Bulog Pegambiran, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (3/5/2019).

"Kita kan 1,8 juta ton itu kan target pengadaan. Sehari secara nasional kita targetnya 15.000 gelontorkan ke pasar, saya rasa aman akan cukup," tambahnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed