CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 04 Mei 2019 21:35 WIB

Mudik Lebaran, Penerbangan ke Bandara Baru DIY akan Ditambah

Ristu Hanafi - detikFinance
Bandara Internasional Yogyakarta/Foto: Ristu Hanafi Bandara Internasional Yogyakarta/Foto: Ristu Hanafi
Kulon Progo - Kementerian Perhubungan memastikan akan memberikan slot tambahan bagi rute penerbangan ke Yogyakarta selama masa mudik Lebaran 2019. Tambahan slot untuk ekstra flight dikhususkan bagi bandara baru, Yogyakarta International Airport (YIA).

"Lebaran selama ini cari slot ke Yogya susah, dengan adanya YIA ini slot akan banyak dan membantu pergerakan dari Jakarta ke Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan," kata Menhub Budi Karya Sumadi di Bandara YIA, Sabtu (4/5/2019).

Budi menyebutkan operasional YIA untuk penerbangan komersial dimulai 6 Mei pekan depan. Maskapai yang membuka rute perdana adalah Citilink dengan rute Jakarta-Yogya-Jakarta.


"Dalam beberapa hari ke depan Citilink, Lion, Batik akan menambah slot, kita beri kebebasan maskapai untuk memilih rute, nanti kita arahkan. Untuk awal Citilink dari Jakarta-Yogya-Jakarta, disusul Batik Air Jakarta-Yogya-Bali," jelas Budi.

Selama operasional YIA, lanjut Budi, Bandara Internasional Adisutjipto masih tetap beroperasi.

"YIA dan Adisutjipto akan dioperasikan secara bersamaan, sehingga masyarakat punya pilihan, masyarakat Yogya bagian timur, Klaten itu menggunakan Adisutjipto. Masyarakat Yogya bagian barat, Purworejo, Magelang pakai YIA," imbuhnya.

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed