Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 05 Mei 2019 12:26 WIB

120 Ton Bawang Putih Guyur Pasar Kramat Jati Jelang Puasa

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Foto: Dian Firmansyah Foto: Dian Firmansyah
Jakarta - Dalam menstabilkan harga bawang putih di pasar jelang ramadhan, pemerintah melakukan operasi pasar. Melalui Kementerian Pertanian, setidaknya ada ratusan ton bawang putih yang digelontorkan ke pasar.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyebutkan, pihaknya telah mengadakan 4 kontainer penuh bawang putih di Pasar Kramat Jati. Per kontainernya, Amran menyebutkan ada 30 ton, jadi total yang digelontorkan ada 120 ton bawang putih.

"Hari ini kita bertemu di pasar untuk operasi dan menstabilkan harga strategis yang biasanya diantara pangan strategis harganya naik. Hari ini ada 4 kontainer dan tiap hari kami kirim, satu kontainer ada 29 ton hampir 30 ton (bawang putih)," ungkap Amran, di Pasar Induk Kramat Jati, Minggu (5/4/2019).


Amran mengatakan bahwa pihaknya diminta langsung oleh presiden untuk langsung turun ke lapangan. Lebih lanjut menurutnya, stok bawang putih kini sudah lebih dari cukup, jumlahnya menurut Amran sudah dua kali lipat dibandingkan dengan kebutuhan bawang putih bulanan yang hanya 50 ribu ton per bulan.

"Arahan bapak presiden kami diminta untuk turun lapangan. Kami laporkan bahwa bawang putih stoknya dua kali lipat (dari kebutuhan bawang bulanan), 100 ribu ton lebih," kata Amran.

Lebih lanjut Amran mengatakan bahwa para importir yang memiliki stok bawang putih telah melakukan kerja sama dengan pihaknya untuk menggelontorkan bawang putih. Lebih lanjut dia mengharapkan harga bawang putih dapat turun di antara Rp 25-30 ribu/kilo dari yang menurutnya menyentuh Rp 40 ribu/kilo lebih.


"Oleh karena itu kami minta seluruh importir bertanggung jawab sehingga harga turun dari Rp 46 ribu/kilo menjadi Rp 25 ribu/kilo, dan sudah bertanda tangan. Jadi tidak ada lagi alasan harga naik," ungkap Amran.

"Jadi tidak ada harga bergejolak kami beri target antara 25-30 (ribu) pe rkilo. ," tambahnya.


(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com