Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Mei 2019 13:22 WIB

Mudik Pertama Bareng Keluarga, Pakai Kendaraan Umum atau Pribadi?

Robi Setiawan - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Seperti diketahui, momen jelang Hari Raya Idulfitri alias Lebaran seringkali dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk mudik. Setiap tahunnya para pemudik ini selalu didorong menggunakan kendaraan umum, walau kenyataannya pemudik dengan kendaraan pribadi pun angkanya selalu tinggi.

Jika hanya berdua (suami-istri), kendaraan umum bisa jadi pilihan yang tepat, apalagi jika barang bawaan mudik juga tidak terlalu banyak. Ada banyak pilihan kendaraan umum, mulai dari jalur darat seperti bis dan kereta, jalur laut menggunakan kapal, dan udara dengan pesawat.

Sayangnya jika memilih mudik menggunakan transportasi umum, persiapan perlu dilakukan jauh hari, khususnya untuk jenis moda yang menggunakan tiket seperti pesawat atau kereta. Alasannya seringkali tiket mudik untuk tujuan tertentu sudah ludes terjual sejak jauh hari.

Jika memang tiket sudah habis dan barang bawaan Anda cukup banyak, mudik menggunakan kendaraan pribadi, khususnya mobil bisa jadi pilihan alternatifnya. Mudik dengan mobil pribadi juga memberikan keuntungan, salah satunya lebih fleksibel dari sisi waktu.


Jika Anda dan keluarga belum memiliki mobil pribadi, Anda Anda tetap bisa mudik menggunakan mobil dengan cara menyewa. Tak sedikit orang yang memilih menyewa mobil saat Lebaran karena memang kebutuhannya hanya untuk aktivitas mudik dan liburan.

Walau demikian, jika Anda memiliki dana lebih untuk sebuah DP mobil, masih ada waktu untuk membeli mobil idaman dengan cara kredit. Memasuki Bulan Ramadan beberapa bank biasanya menawarkan promo khusus yang memudahkan atau menguntungkan pengajuan kredit.

BCA Finance misalnya, saat ini menawarkan program kredit mobil gratis asuransi satu tahun.

"Untuk konsumen yang mengambil promo kredit mobil gratis asuransi satu tahun, berkesempatan untuk mendapatkan gratis asuransi komprehensif di tahun pertama," kata Deputy Director BCA Finance, Carolina Lukito kepada detikFinance beberapa waktu lalu.

Untuk waktunya, ia menjelaskan penawaran ini berlaku mulai 25 April sampai dengan 31 Mei 2019. Syaratnya kendaraannya harus kendaraan penumpang, dengan tenor kreditnya 5 hingga 6 tahun.

"Kalau orang ambil kredit tenor 5 dan 6 tahun, yang mana tidak semua multifinance punya atau bisa membiayai jangka waktu kredit sampai 5 atau 6 tahun. Di BCA Finance 5 dan 6 tahun dikenal dengan program Fix & Cap," katanya.


Carolina menjelaskan waktu tenor yang panjang juga bisa jadi pertimbangan keluarga muda yang tidak ingin terbebani dengan angsuran yang besar.

"Tips saya sih kalau tenor semakin panjang, angsuran pasti semakin kecil. Kan kami harus sesuaikan dengan daya cicil berapa. Artinya kalau kita punya kemampuan cicil berapa, agar cashflow rumah tangga tidak terganggu ambilah tenor yang lebih panjang agar besar cicilan semakin kecil," katanya.

Belum selesai sampai di situ, ia juga menjelaskan program ini merupakan program add on, artinya konsumen bisa tetap menerima semua benefit dari Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), atau dari dealer.

"Jadi semua bonusnya, semua harga khususnya itu semua bisa dapat. Kalau dia ambil 5-6 tahun pakai BCA Finance maka dia otomatis mendapatkan kredit gratis asuransi 1 tahun," pungkasnya.


Tonton juga video Suasana Mudik Jelang Ramadhan di Pelabuhan Ferry Kolaka:

[Gambas:Video 20detik]


Mudik Pertama Bareng Keluarga, Pakai Kendaraan Umum atau Pribadi?
(prf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed