CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 09 Mei 2019 12:57 WIB

Bicara Bisnis di Depan Mahasiswa, Sandiaga: Just Do It!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sandiaga Uno/Foto: Lamhot Aritonang Sandiaga Uno/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno hari ini mengisi acara kuliah umum di Universitas Bakrie. Dalam paparannya ia menjelaskan bagaimana caranya untuk memulai bisnis.

Dia menjelaskan ketika mulai usaha biasanya ada ketakutan akan risiko yang dihadapi.

"Lazim dan manusiawi jika takut risiko rugi. Kalau belajar naik sepeda juga takut jatuh kan. Caranya adalah pertama kita harus punya kemampuan untuk menciptakan network positif untuk mengelola risiko tersebut," kata pria yang beken disapa Sandi oitu di Universitas Bakrie, Jakarta, Kamis (9/5/2019).


Cara selanjutnya adalah menjalankan usaha tersebut tekun dan dilarang berhenti.

"Just do it, begitu tahu ilmunya langsung terjun, nggak boleh berhenti. Kalau berenang terus berhenti bisa tenggelam, dunia usaha juga seperti itu kalau berhenti ya gagal dan rugi," imbuh dia.

Kemudian dia mengatakan dalam usaha selalu ada jatuh bangun. Menurut dia hal tersebut adalah hal yang lumrah pasalnya tak ada usaha yang konstan dan langgeng, selalu ada pasang surut yang akan dihadapi.

Sandi juga menceritakan dirinya pernah kena pemutusan hubungan kerja (PHK), namun ia bangkit dan memiliki jaringan teman-teman yang bisa membantunya.

"Saya pernah di-PHK, peluang usaha saya ya teman-teman saya. Dulu tak punya income hingga akhirnya membuat perusahaan konsultan keuangan. Dari karyawannya 3 orang 20 tahun kemudian sekitar 30.000 orang," ujar dia.


Menurut Sandi untuk anak-anak muda yang ingin memulai usaha maka harus memulai dari apa yang disukai. Misalnya jika hobi berjualan bisa berdagang dari barang yang kita suka.

"Kalau hobi jualan ya jalankan saja. Saya kan sukanya keuangan dan investasi makanya sekarang jalan di keuangan. Kalau kita mencintai apa yang kita kerjakan maka akan mudah. Karena lebih mudah melakukan hal yang kita senangi," jelas dia. (kil/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed