Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 10 Mei 2019 16:07 WIB

Bisnis Pakan Ayam Bikin 4 Bersaudara Ini Punya Harta Rp 400 T

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: detikFinance Foto: detikFinance
Jakarta - Chearavanont bersaudara kembali menduduki posisi orang terkaya di Thailand dengan nilai kekayaan US$ 29,5 miliar atau setara Rp 413 triliun (Kurs: 14.000/dolar AS). Mereka mendapatkan kekayaan dari grup bisnisnya, yakni Charoen Pokphand.

Charoen merupakan raksasa industri peternakan asal Thailand. Bisnisnya mulai dari produksi pakan ternak (feedmill), pembibitan (breeder farm), pengembangbiakan ayam, peternakan ayam (broiler farm), industri pengolahan (processing plant), bahkan hingga minimarket.

Minimarket milik Charoen Pokphand bernama CP Fresh Mart. Produk-produk yang dijual di minimarket ini banyak di antaranya adalah produk Charoen Pokphand sendiri, misalnya telur ayam, nugget, ayam potong.


Barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti beras, air mineral, minuman ringan, makanan ringan juga tersedia. Bukan produksi Charoen sendiri, tapi diberi merek CP. Sekarang CP Fresh Mart sudah tersebar di Thailand.

Di bisnis pakan ternak (feedmill), Charoen Phokpand menduduki posisi nomor satu di dunia, mengalahkan perusahaan-perusahaan ternama lainnya seperti Cargill dari Amerika Serikat (AS), BRF dari Brasil, ForFarmers NV dari Belanda, Purina Animal Nutrition dari China, dan JA Zen-Noh dari Jepang.

Pada 2017, Produksi pakan ternak Charoen Pokphand di seluruh dunia mencapai 27,65 juta ton per tahun. Sebagai pembanding, pesaing terdekatnya adalah Cargil yang produksinya 'hanya' 19,5 juta ton per tahun.

Produk-produk olahan Charoen Pokphand sendiri sudah diekspor ke berbagai negara. Mulai dari Jepang, Korea Selatan, Hong Kong, Sri Lanka, Nepal, Singapura, Bangladesh, Kuwait, Bahrain, Afrika Selatan, Jerman, Prancis, Belgia, Belanda, Inggris, Denmark, Islandia, hingga Kanada.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com