Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 14 Mei 2019 17:10 WIB

Menpar Ingin Tiket Penerbangan Murah Turun Lagi

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Kemenpar Foto: Kemenpar
Jakarta - Menteri Pariwisata Arif Yahya berharap tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara khusus low cost carrier (LCC) lebih turun lagi dari yang diimbau oleh Menteri Perhubungan.

Adapun, pemerintah telah memutuskan untuk menurunkan TBA tiket pesawat full service sebesar 12-16%, aturan ini berlaku mulai 15 Mei 2019.

"Mungkin saya mengharapkan LCC terutama tarif batas atasnya bisa diturunkan lagi," kata Arif di Komplek Istana, Jakarta, Selasa (14/5/2019).



Arief menyebutkan, mahalnya tiket pesawat belakangan ini juga membuat bisnis Asosiasi Pariwisata (ASITA) dan PHRI mengalami penurunan 30%. Dengan adanya penurunan TBA, diharapkan mampu memperbaiki kinerja keuangan asosiasi.

Dia mengungkapkan, penurunan bisnis pariwisata, restoran, dan perhotelan paling terdampak adalah di luar Pulau Jawa seperti Sumba, Lombok, Medan. Sedangkan di dalam Jawa sendiri tidak begitu drastis.

"Kalau pun tidak mau terlalu besar, itu bisa 20 persen dari yang dulu, itu masih oke. Jadi kira-kira 40 persen dari tarif batas atas," ujar dia.

(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed