Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 17 Mei 2019 15:24 WIB

Jumlah Wanita yang Masuk Daftar CEO Top Dunia akan Bertambah

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Dok Foto: Dok
Jakarta - Bulan depan akan kembali keluar daftar CEO dunia paling top dalam CEO Fortune 500. Dipastikan jumlah CEO wanita yang masuk dalam daftar itu akan bertambah.

Melansir CNN Business, Jumat (17/5/2019), total jumlah wanita yang masuk dalam daftar itu akan sebanyak 33 CEO. Angka itu lebih banyak dari tahun lalu yang hanya sebanyak 24 wanita dan masih lebih tinggi dari 2017 sebanyak 32 wanita.

Itu memang kabar baik, tapi jika dilihat secara perspektif jumlah CEO yang masuk dalam daftar Fortune 500 masih sangat sedikit. CEO wanita dalam daftar itu hanya mewakili 6,6%.

Meski begitu, bertambahnya jumlah CEO wanita dalam daftar itu dikarenakan beberapa faktor. Seperti nama Corie Barry yang akan diketahui telah mengambil alih kursi kepemimpinan Best Buy.


Lalu ada Kathy Warden yang sekarang memimpin Northrop Grumman dan Beth Ford yang telah menjadi CEO Land O'Lakes.

Dua perusahaan lain yang sudah mempercayakan seorang wanita di pucuk pimpinan yakni Williams-Sonoma dan Advanced Micro Devices akhirnya memasuki daftar Fortune 500. Lalu pada minggu ini, Mary Winston terpilih sebagai CEO Bed Bath & Beyond.

Jalan untuk memiliki lebih banyak CEO wanita masih panjang. Kebanyakan dewan komisaris perusahaan mulai tertarik dalam meningkatkan keanekaragaman gender. Organisasi seperti CEO Club mulai lebih mendukung perempuan untuk memimpin perusahaan. Hal itu dapat membantu mendorong dalam hal keragaman gender.

Sayangnya, dari sisi warna kulit masih belum terlalu beragam. Di Fortune 500 rata-rata CEO wanitanya berkulit putih.

(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed