Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 19 Mei 2019 18:47 WIB

Lipsus Mudik Mewah

Mudik Mewah Naik Gerbong Kereta Bintang Lima, Mau Coba?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Pool Foto: Pool
FOKUS BERITA Sensasi Mudik Mewah
Jakarta - Kereta api merupakan alat transportasi yang biasa dipakai untuk mudik Lebaran. Namun, patut diketahui ada kereta mewah tersedia untuk melayani mudik.

PT Kereta Api Pariwisata, anak usaha PT KAI (Persero) lah yang mengoperasikannya. Dilabeli "Priority", gerbong kereta api yang satu ini memiliki fasilitas bintang lima.

Salah satunya terdapat pada rangkaian kereta Argo Muria yang menghubungkan Jakarta hingga Semarang. Manajer Humas PT KA Pariwisata Syarifah Savia mengatakan bahwa memang gerbong Priority ini memiliki fasilitas yang mewah.

"Memang sering disebut mewah karena fasilitasnya di atas kereta reguler bahkan yang eksekutif. Kita juga cuma satu gerbong aja di setiap rangkaian," kata Syarifah kepada detikFinance.

Syarifah menjelaskan dalam satu rangkaian kereta wisata Argo Muria sendiri memiliki hanya satu gerbong berlabel priority. Gerbong ini sendiri menurut Syarifah yang paling mencolok adalah interiornya yang berbeda dari kereta reguler.



"Yang membedakannya pasti interiornya lebih bagus, lebih elegan. Lalu seatnya juga lebih sedikit jadi space buat penumpang lebih lebar," ungkap Syarifah.

Dalam satu gerbong sendiri Syarifah menyebutkan dapat menampung hanya 28 orang saja, dengan kursi yang empuk dan nyaman. Selain itu, ada juga fasilitas hiburan personal dengan memberikan sarana video on demand.

"Di sini seatnya cuma 28 seat, yang pasti kursinya lebih nyaman dan empuk. Setiap seat dilengkapi dengan video on demand ya yang langsung ada layar di tempat duduknya ya, jadi penumpang bisa nonton langsung di kursinya," kata Syarifah.

"Tiap seat itu dilengkapi LCD TV, dan meja portable," tambahnya.

Syarifah menjelaskan bahwa gerbong mewah ini memiliki dua bagian yang pertama adalah kabin utama yang berisikan seat-seat atau tempat duduk para penumpang. Lalu yang kedua adalah dapur mini yang dilengkapi mini bar serta makanan yang ditata secara prasmanan, penumpang pun bisa sepuasnya memilih makanan prasmanan.


"Ada ruang utama, yaitu kabin utama tempat duduk penumpang. Lalu kita ada mini bar dan kitchennya sendiri, jadi penumpang kalau bosan ya bisa ke situ, makan atau sekedar minum kopi," kata Syarifah.

"Kemudian ada lagi makannya sendiri kita siapkan prasmanan menunya, jadi penumpang boleh sepuasnya mengambil makanan yang diinginkan," tambahnya.

Namun, Syarifah menambahkan untuk mudik tahun ini, gerbong kereta priority Argo Muria tidak dioperasikan.

"Mohon izin bahwa Argo Muria priority dipastikan tidak dijalankan lebaran ini," ujarnya.

(zlf/zlf)
FOKUS BERITA Sensasi Mudik Mewah
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com