Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 20 Mei 2019 11:53 WIB

Ketemu Mentan Brasil, Amran Bahas Ekspor Manggis hingga Impor Sapi

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman pagi ini bertemu dengan Menteri Pertanian Brasil Tereza Cristina Dias. Dalam pertemuan itu, keduanya membahas rencana ekspor buah manggis hingga salak.

Pertemuan tersebut berlangsung di lantai II, Gedung A, Kementerian Pertanian, Jakarta sejak pukul 09.30 WIB hingga sekitar 11.00 WIB.

Menurut Amran, selain dibukanya peluang ekspor buah-buahan, pihaknya juga membuka kesempatan impor daging sapi dari Brasil. Sebab, harga daging dinilai lebih murah.

"Pertama, komoditas manggis, salak, sarang burung walet, nanas ini diberi ruang untuk kita ekspor ke Brasil. Satu sisi, kita juga membuka peluang untuk daging karena menurut mereka harga bisa kompetisi dan harga murah," jelas dia dalam konferensi pers, Senin (20/5/2019).



Selain itu, Amran juga mengajak Brasil untuk berinvestasi pada alat-alat pertanian guna meningkatkan kesejahteraan petani. Serta, bertukar pengalaman menganai tata kelola produksi gula.

Pasalnya, kata Amran, Brasil merupakan produsen gula terbesar di dunia. Sehingga ia ingin Indonesia mampu mengelola gula seperti Brasil.

"Berikutnya kita mengajak investasi di Indonesia, sektor pertanian dengan tujuan meningkatkan planting indeks dan biaya produksi, meningkatkan kesejahteraan petani. Ada juga diskusi pabrik gula, terbuka membuka pengalaman belajar siap membantu karena negara produsen terbesar di dunia adalah Brasil," tutup dia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Ketut Diarmita mengatakan kerjasama ini dilakukan agar ada keseimbangan antara ekspor dan impor antar dua negara. Pasalnya, hingga saat ini Indonesia masih mencatat defisit.

"Kita ingin ada balance ekspor dan impor karena selama ini kita masih defisit. Kemudian, Brasil bagaimana mereka bisa memberikan peluang dengan tarif yang lebih murah agar produk pertanian masuk," tutup dia.


Ketemu Mentan Brasil, Amran Bahas Ekspor Manggis hingga Impor Sapi
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com