Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 20 Mei 2019 15:12 WIB

Mudik Lewat Merak? Ini Lokasi Penukaran Uang dan Top Up e-Toll

Bahtiar Rivai - detikFinance
Foto: (dok PT ASDP) Foto: (dok PT ASDP)
Serang - Pemudik yang hendak ke Sumatera via Pelabuhan Merak dan melewati jalan tol tidak perlu pusing mencari penukaran uang atau top up e-money. Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Banten dan perbankan menyediakan lokasi penukaran di sepanjang tol.

Ada 6 titik layanan yang menyediakan penukaran uang dan keperluan top up dengan penambahan gerai di rest area. Jasa ini dilakukan untuk mempermudah pemudik baik saat berangkat dan di arus mudik.

Dari arah Tol Jakarta Merak, jasa penukaran uang dilakukan di rest area KM 13,5 pada tanggal 29-31 Mei. Kemudian di km 43, perbankan dan BI juga melakukan jasa penukaran uang dan layanan top up dari tanggal 26-30 Mei 2019.

Ketiga, rest area Km 63 dan layanan dibuka dari 28 Mei sampai tanggal 2 Juni 2019. Dan di lokasi Pelabuhan Merak penukaran uang dari BI dan perbankan pada 29-31 Mei 2019.



Saat arus balik, layanan top up juga dilanjut di rest area KM 63 dan KM 45 arah Jakarta. Penambahan lokasi dilakukan di gerai dan restoran.

Pjs Kepala BI Banten Erry P. Suryanto mengatakan layanan ini dibuka mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Layanan ini mulai dari penjualan kartu uang elektronik, layanan top up dan penukaran uang.

Lokasi ini dipilih juga untuk mempermudah pemudik mencari layanan. Selain di lokasi tersebut ada 100 titik jasa penukaran uang dilakukan BI dan perbankan di Banten.

"Dengan di perbankan titik penukaran ini mendorong masyarakat menukar uang di lokasi resmi untuk mencegah resiko uang palsu," ujar Erry kepada wartawan di Serang, Banten, Senin (20/5/2019).

Lebaran tahun ini, BI Banten memperkirakan kebutuhan uang di wilayah ini sebesar Rp 2,56 triliun dengan kebutuhan penukaran uang sampai Rp 21,340 miliar.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com