Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 20 Mei 2019 15:22 WIB

Agar Tak Menumpuk, Pemudik Diminta Tak Andalkan Rest Area di Tol

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi Rest Area/Foto: Rifkianto Nugroho Ilustrasi Rest Area/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Saat memasuki puncak arus mudik biasanya pengguna kendaraan pribadi di tol bakal memadati tempat istirahat atau rest area. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau pengguna tol saat mudik agar lebih bijak menggunakan tempat istirahat agar tidak terjadi penumpukan.

Budi Karya mencontohkan, untuk pemudik yang menempuh jarak tidak terlalu jauh atau yang hanya memakan waktu 2,5 hingga 3 jam di tol, bisa beristirahat, salat, atau makan di luar tol.

"Rest area ini memang penting. Tapi kita ada dalam pembahasan kemarin karena jarak 29-263 km kira-kira ditempuh 2,5 jam sampai 3 jam, sebenarnya para pemudik itu bisa rencanakan saya tidak usah berhenti di rest area," kata Budi dalam diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).


Menurutnya fasilitas di luar rest area atau di luar tol tidak kalah baiknya dengan yang ada di dalam tol dan bisa dimanfaatkan oleh pemudik. Dengan begitu rest area digunakan hanya saat mendesak.

"Bisa berhenti di Brebes, Cirebon atau tempat yang lain. Beli bensin lebih bagus, mau salat lebih lapang, istirahat. Jadi rest area emergency saja supaya tidak penuh," ujarnya.


Budi mengatakan sebenarnya rest area sudah disediakan cukup banyak. Namun dengan membludaknya pemudik bisa saja tempat istirahat ini tak mampu menampung seluruh pemudik.

"Karena kalau kita tidak berikan pembelajaran ke masyarakat bisa jadi kantong-kantong rest area akan kurang walaupun sudah ditambah," tambahnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed