Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 22 Mei 2019 09:51 WIB

Pasca Ricuh Demo Bawaslu, Begini Kondisi Pasar Tanah Abang

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Pasar Tanah Abang bagaikan kota mati. Tak ada aktivitas perdagangan pagi ini. Hal itu menyusul kericuhan yang terjadi dini hari di sekitar kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ini merupakan buntut dari massa pendemo di Bawaslu yang memaksa bergerak ke Jalan Wahid Hasyim.

Pantauan detikFinance di lokasi Pasar Tanah Abang, pukul 09.00 WIB, Rabu (22/5/2019), situasi memang terpantau sepi. Tak terlihat toko-toko yang buka. Bahkan pintu masuk area pertokoan juga tertutup rapat.

Pasar Tanah Abang pasca ricuh aksi 22 MeiPasar Tanah Abang pasca ricuh aksi 22 Mei Foto: Trio Hamdani


Hanya tampak sejumlah petugas kebersihan berseragam biru dan oranye yang menyingkirkan puing-puing sampah yang ditimbulkannya akibat ricuh pendemo.

Di jalan-jalan sekitar area Pasar Tanah Abang memang terlihat banyak sampah berserakan, mayoritas adalah sampah-sampah bebatuan yang tampaknya digunakan untuk saling lempar oleh pendemo dengan aparat yang berujung bentrok.


Pasar Tanah Abang pasca ricuh aksi 22 MeiPasar Tanah Abang pasca ricuh aksi 22 Mei Foto: Trio Hamdani


Sisa-sisa gas air mata juga masih dirasakan oleh masyarakat yang berlalu-lalang di sekitar pasar. Mereka terlihat melapisi odol di area matanya untuk mengurangi rasa perih akibat sisa gas air mata. Beberapa warga juga tampak mengenakan masker.

Berkaitan dengan kericuhan yang terjadi, Pasar Tanah Abang sejauh ini memang belum bisa dipastikan buka seperti biasa.

Pihak pengelola, PD Pasar Jaya masih harus berkoordinasi dengan aparat berwenang untuk memastikan situasi telah aman. Hal itu diungkapkan oleh Dirut PD Pasar Jaya Arief Nasrudin.

"Belum bisa dipastikan pagi ini (Pasar Tanah Abang buka atau tidak) karena sedang berkoordinasi dengan aparat juga," kata dia saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Pasar Tanah Abang pasca ricuh aksi 22 MeiPasar Tanah Abang pasca ricuh aksi 22 Mei Foto: Trio Hamdani


(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com