Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 22 Mei 2019 11:40 WIB

Ada Aksi 22 Mei, Pusat Perbelanjaan Sekitar HI Tetap Buka

Achmad Dwi Afriyadi, Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pusat-pusat perbelanjaan di sekitar kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) tetap buka seperti biasa pasca kericuhan demo Bawaslu. Bahkan rencananya aksi akan berlanjut hari ini, Rabu 22 Mei.

Bundaran HI sendiri jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi demo. Namun berdasarkan pantauan detikFinance, Rabu (22/5/2019) pusat perbelanjaan di sana tetap beroperasi.

detikFinance menyambangi beberapa pusat perbelanjaan di kawasan Bundaran HI sekitar pukul 10.00 WIB, yaitu Grand Indonesia, Plaza Indonesia, dan Thamrin City. Ketiganya tetap melayani aktivitas perbelanjaan, bahkan sebagian besar toko sudah buka.

Tampak pula sejumlah pengunjung mal yang mulai berdatangan walaupun jumlahnya belum terlalu banyak.

Tidak terlihat penjagaan yang ketat dari masing-masing pusat perbelanjaan di sana. Hanya ada beberapa petugas keamanan yang berjaga seperti biasa di pintu masuk mal.

Namun situasi bisa saja berubah sewaktu-waktu mengikut perkembangan yang terjadi berkaitan dengan aksi demo 22 Mei ini.



Belum Ada Mal yang Tutup

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta menyatakan, pusat belanja alias mal tetap buka hari ini, Rabu (22/5/2019). Meski, ada aksi demo di beberapa titik Jakarta Pusat.

Ketua APPBI DPD DKI Jakarta, Ellen Hidayat mengatakan, dirinya mengarahkan anggotanya untuk membuka usaha seperti biasa. Hal ini dilakukan agar masyarakat tetap memenuhi kebutuhannya. Langkah tersebut juga diambil agar kondisi Jakarta cepat kembali normal.

"Kami tidak mengarahkan untuk menutup usaha, tetap berkegiatan seperti biasa. Agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya. Ini akan membantu kota Jakarta berjalan normal. Sembari semua pengelola tetap antisipasi dan waspada dan siaga," katanya kepada detikFinance, Rabu (22/5/2019).

Dia juga memastikan, anggotanya tidak ada yang menutup usaha hari ini.

"Belum ada yang tutup yang dari anggota APPBI," ujarnya.

Soal pengamanan, dia menuturkan, setiap pengelola mal sudah melaksanakannya. Ellen juga bilang, ada penambahan pengamanan untuk mengantisipasi hal tersebut.

"Kalau pengamanan semua sudah melaksanakannya masing-masing. Semua juga ada penambahan," tutupnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com