Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 24 Mei 2019 12:07 WIB

Dibayangi Demo Susulan, Pedagang di Sabang Was-was Jualan

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Restoran di Jalan Sabang Terimbas Aksi 22 Mei (Puti Aini Yasmin/detikFinance) Foto: Restoran di Jalan Sabang Terimbas Aksi 22 Mei (Puti Aini Yasmin/detikFinance)
Jakarta - Para pedagang di sekitar lokasi Aksi 22 Mei dihantui kekhawatiran adanya demo lanjutan. Ada yang memilih untuk tidak berjualan dulu, ada pula yang terpaksa mulai berdagang walaupun dihantui kecemasan.

Herdi misalnya, pria 24 tahun asal Bogor, belum berani membuka tokonya lantaran masih dibayang-bayangi kerusuhan demo 22 Mei. Dia mendapat kabar akan adanya demo lanjutan. Posisi warungnya sendiri ada di Jalan Sabang, Jakarta Pusat, satu area dengan lokasi demo.

"Rencananya sih hari ini mau buka cuma dengar kabar katanya mau ada susulan nggak tahu benar nggak tahu enggak, ini paling mah beres-beres dulu," kata dia kepada detikFinance saat sedang melihat kondisi tempatnya berjualan, Jumat (24/5/2019).


Dia merasa khawatir bila benar terjadi demo lanjutan itu akan berujung ricuh seperti 21-22 Mei, yang diketahui berakibat menelan korban jiwa.

"Iya masih agak takut, takutnya terjadi kayak kemarin itu," paparnya.

Sementara Agung, pengelola Warung Sate Kambing Jaya Agung memilih tetap buka walaupun mengaku masih ada kekhawatiran mengenai demo lanjutan. Posisi warungnya tepat berhadapan dengan pusat perbelanjaan Sarinah yang juga jadi korban keganasan demo 22 Mei.


Mau tak mau dia harus tetap buka demi meraih rezeki. Tentunya dengan mengambil risiko bila benar terjadi demo lanjutan.

"Ya khawatir sih pasti ya, cuma gimana gitu, kita mata pencahariannya di sini. Banyak yang bergantung sama kita. Terus juga banyakan langganan di sini juga nyari. Ya sudah kita ambil sedikit risiko saja," ujarnya.

Dia berharap aparat keamanan bisa membereskan para provokator dalam demo 22 Mei agar kericuhan tak terulang.

"Harapannya sih sebenarnya bisa ketangkap provokatornya karena sebenarnya pendemonya sih damai. Kasian kan gara-gara beberapa segelintir orang jadi rusak kita. Kasian dari pihak orang mau aksi damai, sama dari pihak kepolisiannya sendiri," tambahnya.



Tonton video Aksi 22 Mei Selesai, Kapolda Pastikan Jakarta Sudah Kondusif:

[Gambas:Video 20detik]


Dibayangi Demo Susulan, Pedagang di Sabang Was-was Jualan
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed