Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 24 Mei 2019 13:53 WIB

BPKH Ungkap Alasan Mau Investasi Dana Haji di Saudi

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Kepala BPKH Anggito Abimanyu (Ari Saputra/detikcom) Foto: Kepala BPKH Anggito Abimanyu (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) ingin menginvestasikan dana haji untuk hal-hal atau kegiatan yang berkaitan dengan haji, khususnya di Arab Saudi.

Kepala Badan Pelaksana BPKH Anggito Abimanyu menjelaskan investasi di Arab Saudi itu dilakukan agar para jamaah haji mendapat sejumlah manfaat terhadap dana yang sudah dibayarkan.

"Sesuai dengan renstra kita, itu prioritasnya adalah investasi di Arab Saudi. Kenapa kok investasi di Arab Saudi? (karena) punya dua keuntungan nih, satu return, dan dua pemanfaatannya kan. Jadi dua hal, satu return-nya juga dapat, dua efisiensi juga dapat," kata Anggito dalam blak-blakan kepada detikFinance, Jakarta, Selasa (21/5/2019).


Anggito menjelaskan, bukan berarti investasi di tempat lain tak mendapatkan keuntungan. Namun kata dia, investasi di Arab Saudi memiliki keuntungan lebih terkait kegiatan haji. Dengan investasi di Arab Saudi, maka kegiatan haji akan lebih efisien.

"Kalau kita investasi di luar terkait dengan perhajian ya dapat return, tapi cuma return saja, nggak dapat yang satu lagi. Jadi bayangkan kalau kita punya hotel kan di Arab Saudi, kan kita dapat dua manfaatnya, satu return-nya, kedua kalau itu dipakai jamaah haji kita, kan biayanya turun," kata Anggito.

"Kemudian itu dibangun dan didesain jadi hotel khas Indonesia. Seperti katering kan juga sama, katering ada nilai manfaatnya. Kita bisa membuat katering yang khasnya, taste-nya, citarasa Indonesia," sambung dia.


Karena itu, kata Anggito, BPKH lebih memilih untuk melakukan investasi di Arab Saudi sebagai negara tujuan.

"Jadi ada dua manfaat. Bukan berarti yang lain tidak ada manfaatnya, ada. Cuma kita bisa dapat dua manfaat bila investasi terkait perhajian," tuturnya. (fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed