Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 24 Mei 2019 18:00 WIB

Didampingi Sri Mulyani dan Menperin, Jokowi Buka Puasa Bareng Pengusaha

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri buka puasa bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Jumat (24/5/2019). Buka puasa ini digelar di Hotel Sultan, Jakarta.

Jokowi yang berbusana batik tiba di Hotel Sultan pukul 17.15 WIB. Jokowi disambut oleh Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani.

Tampak hadir mendampingi Jokowi antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Menteri Sekretaris Negara Pramono Anung, dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Bambang Soesatyo.


Sebelum buka puasa, Kadin menggelar sebuah diskusi meski hanya sebentar. Dalam diskusi itu, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kebijakan Moneter, Fiskal dan Publik Raden Pardede mengatakan, ada dua hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk mendorong ekonomi dalam jangka pendek.

Pertama, mendorong kualitas tenaga kerja Indonesia serta mendorong pariwisata.

"Menurut saya untuk short term, satu berkaitan dengan remitansi. Sekarang hanya US$ 10 miliar. Kedua, dari turis penerimaan US$ 11-12 miliar. Kita dibanding Thailand US$ 30 miliar, sepertiganya. Filipina penerimaan TKI US$ 30 miliar," ujar Raden.


Kedua, perlunya pemerintah menggandeng asosiasi pengusaha ketika membuat kebijakan.

"Oleh karena itu dari awal menurut saya, Kadin diajak pemerintah merancang kebijakan seperti apa, dilihat kemungkinan yang dihadapi apa. Sehingga, pada saatnya nanti inisiatif pemerintah maka sudah diterima semua orang," ungkapnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com