Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 26 Mei 2019 17:57 WIB

2.000 Tiket Mudik Gratis Lewat Laut Disebar Pelindo II

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kementerian Perhubungan mencatat, makin banyak masyarakat menggunakan kapal laut untuk kegiatan mudik. Untuk itu, perlu dilakukan persiapan matang agar pelayanan pelabuhan tetap bisa optimal meski ada lonjakan jumlah penumpang.

Dalam hal angkutan mudik menggunakan kapal laut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menekankan bahwa yang paling utama adalah keselamatan. Oleh karenanya ia mengimbau kepada penyelenggara untuk mempersiapkan peralatan yang baik, hingga menimbang memperkirakan cuaca.

"Di sini ada dari BMKG yang memberikan rekomendasi bagi kita, dan kita menjalani dengan tertib sesuai dengan peraturan yang ada," ujarnya dia saat membuka Apel Siaga Kesiapan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2019 (1440 H) di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta beberapa waktu lalu.


Sementara itu, Dirjen Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo mengatakan untuk mewujudkan angkutan laut Lebaran yang selamat, aman dan nyaman tentunya diperlukan langkah-langkah penting yaitu koordinasi secara intensif dengan seluruh stakeholder dan semua yang terkait serta melakukan pembagian tugas sesuai dengan peran tanggung jawab masing-masing.

Berkenaan dengan keselamatan, menekan jumlah angkutan pribadi dan memaksimalkan angkutan massa menjadi strategi yang dianggap cukup efektif menekan angka kecelakaan di musim mudik. Mudik gratis bisa jadi stimulus bagi masyarakat mau memanfaatkan angkutan mudik untuk mengantar mereka ke kampung halaman.

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) / IPC memfasilitasi keberangkatan ribuan pemudik dari Jakarta yang menggunakan moda transportasi kapal laut.


Dinihari tadi, IPC melepas ribuan pemudik program 'Mudik Gratis bersama IPC 2019' dengan tujuan Batam. Mereka bertolak dari Pelabuhan Tanjung Priok, dengan kapal penumpang KM Kelud.

"Ini untuk pertama kalinya IPC memfasilitasi mudik gratis dengan kapal laut. Ternyata tahun ini animo warga untuk pulang kampung dengan kapal laut cukup tinggi," kata Direktur SDM IPC, Rizal Ariansyah, saat melepas keberangkatan pemudik di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu dinihari (26/5/2019).

Selain tujuan Batam, IPC juga memfasilitasi mudik gratis dengan kapal laut tujuan Surabaya.

Pelepasan pemudik tujuan Surabaya akan dilakukan 29 Mei 2019. Nantinya pemudik akan berangkat dengan menaiki kapal penumpang Dorolonda.

"Mudik dengan kapal laut menjadi alternatif bagi warga yang hendak berlebaran di kampung halaman. Kami menyiapkan sekitar 2.000 tiket gratis untuk warga Jakarta. Ini sangat membantu ketika masyarakat dihadapkan pada fenomena tingginya harga tiket pesawat," ujar Rizal.

Selama dalam pelayaran, IPC menyediakan makanan, dan menyiapkan obat-obatan. IPC juga memberkali asuransi perjalanan.

"Kami ingin memastikan bahwa para pemudik merasa nyaman dan aman," katanya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed