Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 27 Mei 2019 17:29 WIB

Aspal Buton Baru Dipakai 25%, Luhut Panggil Gubernur Sultra

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian PUPR Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memanggil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi sore ini. Luhut memanggil Ali untuk rapat terkait optimalisasi aspal alam buton.

Seusai rapat, Ali mengatakan, pemerintah berniat mendorong penggunaan aspal produk dalam negeri ini. Dia bilang, saat ini aspal buton baru memenuhi 25% dari kebutuhan nasional, di mana kebutuhan nasional 1,2-1,3 juta ton.

"Produksinya baru menggunakan 75% impor, 25% aspal buton dari 1,2 juta per tahun. Itu kebutuhan terpakai, sekarang 1,3 juta ton, dari 1,3 juta ton digunakan aspal buton baru 25%," katanya di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Senin (27/5/2019).



Dia bilang, minimnya penggunaan aspal buton lantaran adanya asumsi aspal minyak lebih baik dari aspal buton. Menurutnya, hal itu tidak benar.

"Kita menganggap kualitasnya aspal minyak lebih baik," ujarnya.

Dia berharap, porsi penggunaan aspal buton dalam negeri berbalik lebih banyak dibanding dari aspal impor. Meski demikian, dirinya belum memaparkan secara strategi yang bakal ditempuh.

"Kalau perlu dibalik, 75% kebutuhan aspal buton," ujarnya.

"Sudah, nanti akan diputuskan, ini rapat terus, ini sudah 3 kali rapat, mudah-mudahan sebelum Lebaran kita ada rapat lagi. Terus kita tingkatkan sampai menghasilkan sesuatu kebijakan yang terbaik," tutupnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed