Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 28 Mei 2019 19:41 WIB

KAI Siagakan 'Penunjuk Jalan' Antisipasi Lonjakan Pemudik di Gambir

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Istimewa/PT KAI Foto: Istimewa/PT KAI
Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiagakan costumer service hingga relawan untuk membantu penumpang di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Hal ini sebagai antisipasi dari membludaknya penumpang mudik.

Salah satu petugas costumer service yang bertugas, Bella mengatakan kegiatan ini baru dilakukan pada hari ini. Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan pengoperasian kereta tambahan pada hari ini.

Menurut Bella, pengoperasian kereta tambahan membuat lonjakan penumpang hingga 25%. Bila tak diarahkan, bisa saja terjadi kesalahan keberangkatan penumpang.

"Hari ini ada lima kereta keberangkatan. Jadi mulai hari ini baru ada layanan seperti ini untuk antisipasi keramaian. Kira-kira ini (penumpang) meningkat 25% dari hari biasa," ungkap dia kepada detikFinace, Selasa (28/5/2019).


Selain itu, KAI juga menyiagakan relawan kereta api yang mau juga bertugas memberikan informasi seputar kereta keberangkatan. Relawan seperti ini hanya bertugas jelang hari raya besar seperti Lebaran dan Nataru.

Salah satu relawan yang bertugas, Reva mengaku telah menggeluti kegiatan ini sejak tahun lalu. Ia mengaku antusias saat membantu penumpang yang menanyakan nomor gerbong kereta yang akan dinaikinya.

"Sejak tahun lalu ikut ini. Emang suka, jadi kasih tahu informasi ke penumpang, misalnya gerbong di mana dan yang mana," ungkap dia.


Sementara itu, pantauan detikFinance penumpang mudik telah memadati peron hingga ruang tunggu keberangkatan sejak pukul 17.00 WIB. Sebagian penumpang akan berangkat ke Cirebon hingga Tulungagung, Jawa Timur. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com