Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 29 Mei 2019 12:39 WIB

Jokowi Butuh Menteri Out of The Box, Apa Maksudnya?

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sangat membutuhkan sosok menteri yang memiliki terobosan atau out of the box dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah mengatakan hal itu dilakukan demi merealisasikan pertumbuhan ekonomi tembus ke level 6%.

"Target pertumbuhan 5,6 persen terlalu kecil. Kita butuh pertumbuhan ekonomi di atas 6 persen. Kita butuh sosok menteri yang punya semangat melakukan reformasi yang menyeluruh," kata Piter saat dihubungi detikFinance, Jakata, Rabu (29/5/2019).


Piter menyebut, para sosok menteri yang memiliki terobosan harus berada di Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, serta Kementerian PPN/Kepala Bappenas.

"Khususnya menteri-menteri di bidang ekonomi haruslah diisi oleh sosok yang punya kompetensi, penuh dengan ide-ide baru untuk memacu pertumbuhan ekonomi," ujar dia.

Sebelumnya, Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) berpandangan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) membutuhkan sosok menteri yang memiliki terobosan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi nasional.

"Karena yang diperlukan bangsa ini suatu lompatan," kata Ketua KEIN Sutriano Bachir di Pullman Hotel, Jakarta, Senin (27/5/2019).


Sutrisno mengungkapkan bahwa ekonomi Indonesia saat ini masih berada di level 5% dan masih kesulitan untuk merealisasikan target RPJMN sebesar 7%.

Menurut Sutrisno, dibutuhkan sosok menteri baru pada sektor ekonomi yang mampu mendorong laju ekonomi nasional ke luar dari level 5%. (hek/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com