Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 29 Mei 2019 13:21 WIB

Cara Biar Nggak Pusing Uang THR Habis untuk Bagi THR Buat Keluarga

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: shutterstock
Jakarta - Musim mudik tinggal menghitung hari. Berbagi rejeki atau THR ke orang tersayang rasanya tak bisa dilewatkan apa lagi kita juga baru saja mendapat THR dari tempat kerja. Tapi, jangan sampai ajang bagi-bai THR buat keluarga di kampung malah bikin kita pusing lantaran THR yang kita terima justru ludes.

Lantas bagaimana cara atur keuanga biar nggak pusing uang THR habis untuk bagi THR buat keluarga tersayang?

Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho menjelaskan supaya tetap efisien dan hemat, kita diwajibkan untuk membuat daftar siapa saja yang akan diberikan uang lebaran.

"Jika sudah didaftar, maka kita bisa menyesuaikan dengan kemampuan keuangan kita saat ini. Apakah yang ada dalam list tersebut akan diberikan semua ataukah ada yang hendak dicoret bila dananya kurang," ujar Andy saat dihubungi detikFinance, Rabu (29/5/2019).


Dia mengungkapkan, hilangkan rasa segan dan tidak enak ketika tak memberikan THR ke orang di kampung bila kondisi juga sedang tidak memungkinkan. Jadi THR juga harus diberikan tanpa keadaan terpaksa.

"Dengan list yang sudah dibuat paling tidak kita ada estimasi dana yang akan dikeluarkan. Jadi tidak boleh lebih dari batas," ujar dia.


Menurut Andy, juga harus diperhatikan nominal pemberian THR. Jadi bisa diperhatikan kondisi ekonomi orang tua keponakan. Jika kondisinya baik maka THR bisa lebih kecil daripada keponakan yang kondisi ekonominya kurang baik.

"Memang ini terlihat ribet tapi lebih adil, karena sesuai dengan kondisinya mereka," jelas dia.

Andy menambahkan, untuk oleh-oleh ke kampung juga harus diprioritaskan. Misalnya ke orang tua dan orang terdekat saja seperti kakak atau adik. Hal ini untuk meminimalisir over budget pembelian oleh oleh. (kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com