Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 31 Mei 2019 11:23 WIB

Banyak Imigran Gelap, Trump Pasang Bea Masuk Barang dari Meksiko

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: REUTERS/Kevin Lamarque Foto: REUTERS/Kevin Lamarque
Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump geram dengan imigran gelap yang masuk ke AS melalui pintu perbatasan selatan yakni Meksiko. Karena itu Trump mengenakan bea masuk untuk seluruh barang yang berasal dari Meksiko hingga 5%.

Mengutip Reuters, langkah Trump ini merupakan salah satu cara untuk mencegah imigran gelap yang ingin masuk ke AS. Pernyataan Trump ini sangat mengejutkan pemerintah Meksiko. Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador menyebut ini merupakan ancaman dari AS untuk negaranya.

Trump menyebut tarif bisa diberlakukan hingga 25%. "Tarif akan terus meningkat, kecuali jika Meksiko segera mengambil tindakan maka tarifnya akan kami hapus," ujar Trump dikutip dari Reuters, Jumat (31/5/2019).



Pengumuman Trump itu membuat investor khawatir akan terjadinya ketegangan dagang antara AS dan Meksiko. Hal ini ditakutkan dapat menimbulkan kerugian ekonomi global. Akibat pernyataan Trump mata uang Peso Meksiko indeks saham berjangka AS dan pasar saham Asia runtuh.

"Saat ini kami sedang membangun hubungan yang baik dengan AS namun pernyataan tersebut datang bagai air bah," ujar wakil Menteri Luar Negeri Meksiko Jesus Seade.

Disebutkan ada sekitar 4.500 imigran gelap yang masuk ke AS setiap harinya. Kemudian ada 80.000 orang yang sudah ditahan akibat tak memiliki kelengkapan dokumen.

Seorang pejabat di gedung putih menyebutkan pernyataan Trump berpotensi menimbulkan kekacauan di kongres AS dan perjanjian perdagangan bebas di Amerika Utara, Meksiko dan Kanada.




Tonton video AS-Iran Memanas, Trump Kirim 1.500 Tentara ke Timur Tengah:

[Gambas:Video 20detik]

(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com