Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 02 Jun 2019 21:01 WIB

Jelang Lebaran, JNE Kirim 1,3 Juta Paket/Hari

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Dok. JNE Foto: Dok. JNE
Jakarta - PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) mengalami peningkatan volume pengiriman logistik hingga 50% dibandingkan dengan hari biasa. Lalu, jika dibandingkan dengan tahun 2018, pengiriman logistik jelang lebaran tahun ini peningkatannya mencapai 30%.

"Peningkatan di bulan ramadhan itu menjadi salah satu peak di industri jasa pengiriman. Apa yang kami alami tahun ini pertumbuhannya sangat luar biasa. Dibandingkan dengan hari biasa pertumbuhannya bisa sampai angka 50%. Kemudian dibandingkan dengan tahub 2018 peningkatannya cukup besar kira-kira 30% atau lebih," ungkap Presiden Direktur JNE Mohammad Feriadi kepada detikFinance, Minggu (2/6/2019).


Feriadi menjelaskan faktor dari pertumbuhan volume pengiriman tersebut salah satunya adalah e-commerce yang menjamur. Kedua, beberapa marketplace memberikan promo besar di bulan ramadhan. Lalu, yang terakhir, menurutnya para pekerja yang mendominasi situs belanja online juga telah menerima Tunjangan Hari Raya (THR) sehingga aktivitas belanja online meningkat.

Oleh karena itu, sejak kemarin, Sabtu (1/6/2019), volume pengiriman logistik JNE yang rata-ratanya sebanyak 1 juta pengiriman per hari, bertambah menjadi sekitar 1.370.000 pengiriman per hari.

"Puncaknya sampai kemarin kita masih merasakan kirimannya makin meningkat. Kalau di hari biasa, pukul rata, average 1 juta pengiriman per hari, kemarin itu kita sampai 1.370.000-an. Tapi kalau di beberapa kota peningkatannya bisa lebih dari itu," terangnya.


Lalu, dalam mengantisipasi hal tersebut, JNE melakukan beberapa antisipasi agar tidak terjadinya keterlambatan pengiriman. Salah satunya adalah penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) sebanyak 10% dari total SDM JNE yakni 45.000 orang. Kedua, JNE juga menambah armada pengiriman sebanyak 10% dari jumlah armada sekitar 11.000 unit. Ketiga, JNE memesan booth atau booking space di seluruh bandara yang melayani pengiriman kargo udara yang tersebar di Indonesia untuk melancarkan proses pengiriman kargo udara.

"KIta booking space di semua pengiriman bandara. Kita juga menambah SDM 10% dari jumlah SDM kita sebanyak 45.000 orang. Penambahan armada juga sama, 10% dari sekitar 11.000-an armada yang kita punya," kata Feriadi.

Ia juga mengatakan, kantor pusat pelayanan pengiriman JNE di setiap kota akan tetap beroperasi normal menjelang dan selama lebaran nanti. Selain itu, jam operasionalnya yakni 24 jam.

"Kantor pusat JNE di kota-kota buka normal di lebaran nanti juga. Semua titik-titik layanan bisa melayani pelanggan 24 jam," tandasnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com