Menimbang Usulan Maskapai Asing Masuk RI demi Pangkas Harga Tiket

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Kamis, 06 Jun 2019 09:36 WIB
1.

Menimbang Usulan Maskapai Asing Masuk RI demi Pangkas Harga Tiket

Menimbang Usulan Maskapai Asing Masuk RI demi Pangkas Harga Tiket
Ilustrasi/Foto: (Foto:naibuzz.com)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan maskapai asing bisa ikut menggarap pasar transportasi udara di Indonesia. Usulan ini disampaikan sebagai respons mahalnya harga tiket pesawat.

Kehadiran maskapai asing bisa menciptakan kompetisi di antara maskapai sehingga harga tiket pesawat bisa bersaing, dan tentunya dibarengi juga jaminan keamanan dan keselamatan penerbangan.

"Beberapa hari lalu Pak Presiden beri saran bahwa berilah kemungkinan satu kompetisi yang lebih baik, kompetisi bisa terjadi apabila penerbangan asing ikut dalam ini," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Jawa Timur, Senin (3/6/2019).

Menurut Menhub kehadiran maskapai asing menggarap bisnis penerbangan di Indonesia akan menambah jumlah pemain di transportasi udara, sehingga dari sisi supply dan demand akan seimbang dan ujungnya harga tiket turun.

Senada, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan usulan tersebut bisa dipertimbangkan guna menurunkan harga tiket. Sebab, saat ini hanya terdapat dua pemain yang mengusai penerbangan di dalam negeri, yakni Garuda Indonesia dan Lion Air. Semakin banyak maskapai di dalam negeri maka harga tiket diharapkan bisa tertekan turun.

Berikut informasi selengkapnya: