Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 06 Jun 2019 23:10 WIB

Usai Lebaran, Susi bakal Tenggelamkan Lagi Kapal Maling Ikan

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Usai Lebaran, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan kembali menenggelamkan kapal maling ikan. Kapal-kapal tersebut berada di Terempa, Natuna, Bitung, hingga Pontianak.

Dari total 60 kapal, 30 di antaranya masih menunggu keputusan hukum tetap alias inkracht. Sedangkan, 30 kapal lainnya telah mendapat putusan inkracht hanya saja belum ditenggelamkan.

"Masih ada, beberapa tempat ada Batam, Tarempa, Natuna, ada Bitung, Pontianak juga ada. Dari 56 baru 26, jadi masih 30. Inkracht baru sebulan terakhir. Kalau bulan ini selesai 30 ya, 60 lagi mungkin," jelas Susi saat acara open house Lebaran di rumah dinas Komplek Widya Chandra, Jakarta, Kamis (6/6/2019).


Rencananya kapal-kapal maling ikan tersebut akan ditenggelamkan pada Agustus nanti. Untuk lokasinya, menurut Susi, saat ini sedang dicari.

"Iya dicari (lokasinya). Paling Agustus-an nanti sekalian di daerah," papar dia.

Sebelumnya pada awal Mei 2019, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal (Satgas 115) kembali menenggelamkan kapal pencuri ikan milik asing. Kali ini yang dimusnahkan adalah 13 kapal berbendera Vietnam.

Seperti dikutip detikFinance dari keterangan resmi KKP, Minggu (5/5/2019), penenggelaman dipimpin langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Perairan Tanjung Datu, Kalimantan Barat, Sabtu (4/5/2019).

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com