googletag.defineSlot('/4905536/detik_desktop/finance/pop_ups', [785, 440], 'div-gpt-ad-1574092191519-0').addService(googletag.pubads());
ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 08 Jun 2019 17:25 WIB

Trump Tunda Kenakan Tarif 5% ke Meksiko

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Photo by MANDEL NGAN / AFP Foto: Photo by MANDEL NGAN / AFP
Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menunda tarif impor 5% terhadap produk Meksiko. Penundaan ini hasil dari kesepakatan baru antar kedua negara tersebut.

Trump mengatakan Meksiko sudah sepakat menyetop imigran ilegal ke AS melalui perbatasan.

Mengutip CNBC, Sabtu (8/6/2019), dalam deklarasi yang disepakati bersamaan Meksiko meningkatkan pengawasannya di perbatasan. Ini termasuk penyebaran penjaga nasional Meksiko di seluruh negara dengan prioritas diberikan ke perbatasan selatan untuk memperlambat migrasi dari Amerika Tengah.



Para imigran yang melintasi perbatasan selatan AS untuk mencari suaka akan dikirim kembali ke Meksiko. Meksiko mengatakan akan menawarkan pekerjaan, perawatan kesehatan dan pendidikan bagi para pencari suaka itu.

AS mengatakan akan mempercepat keputusan tentang klaim suaka dan menyelesaikan proses penghapusan secepat mungkin.

Pekan lalu, Trump mengancam akan mengenakan tarif 5% pada semua impor Meksiko mulai 10 Juni jika Meksiko tidak berbuat lebih banyak untuk menghentikan imigrasi ilegal. Tarif tersebut akan ditingkatkan secara bertahap menjadi 25% selama beberapa bulan mendatang jika Meksiko tidak memenuhi permintaan Gedung Putih.

(ara/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com