Jokowi Dapat 'PR' dari Pengusaha, Ini Daftarnya

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 13 Jun 2019 08:29 WIB
2.

Keuntungan Di Balik Perang Dagang

Jokowi Dapat PR dari Pengusaha, Ini Daftarnya
Foto: Australia Plus ABC

Pengusaha yang hadir cukup banyak, namun terlihat ada Erick Thohir, Ketua Umun Kadin Indonesia Rosan Roeslani, Ketua Hipmi Bahlil Lahadalia. Terlihat juga Anindya Bakrie, Ilham Habibie.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi meminta kepada seluruh pengusaha nasional untuk tetap konsentrasi mengenai situasi global. Khususnya dampak dari perang dagang.

"Kita tahu pemilu telah selesai meskipun masih ada proses MK. Kita berharap kita fokus lagi, konsentrasi lagi pada urusan-urusan ekonomi dan terutama karena perang dagangnya semakin sengit," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Kondisi perang dagang antara China dengan Amerika Serikat (AS), menurut Jokowi memiliki peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha nasional. Bahkan, dirinya meminta pengusaha nasional tidak mandang hal tersebut sebagai masalah besar.

"Saya melihat bapak ibu saudara-saudara semuanya berada pada garis yang paling depan dalam memanfaatkan peluang ini," jelas dia.

Mantan Wali Kota Solo ini mengungkapkan peluang yang bisa diambil oleh para pengusaha nasional adalah produk-produk China ke AS yang terhambat karena adanya perang dagang.

"Saya lihat misalnya kayak produk tekstil, garmen, yang dulunya diisi dari sana (China), sekarang karena mereka baru ramai ya bisa kita bisa isi," ujar dia.