Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 13 Jun 2019 21:15 WIB

Kalahkan Jawa, Penjualan Toko Ritel Paling Tinggi di Sulawesi

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Muhammad Idris Ilustrasi/Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyebutkan pada Lebaran kali ini penjualan toko ritel paling tinggi terjadi di pulau Sulawesi. Pertumbuhan ini mengalahkan pertumbuhan di Jawa yang biasanya lebih besar.

Wakil Ketua Umum Aprindo Tutum Rahandra mengatakan pada dasarnya pulau Jawa masih memegang peran terhadap pertumbuhan penjualan di Indonesia. Sebab, hampir semua toko ritel berada di sana.

Banyaknya toko ritel yang terdapat di pulau Jawa ternyata tak sebanding dengan pertumbuhannya. Ia melihat, di tahun ini pertumbuhan penjualan toko ritel paling tinggi justru terjadi di pulau Sulawesi.

"Tetap kontribusi (penjualan) dari pulau Jawa. Tapi Sulawesi (yang tumbuh paling tinggi)," jelasnya kepada detikFinance, Kamis (13/6/2019).


Ia menjelaskan pertumbuhan yang tinggi itu terjadi karena di Sulawesi baru hanya ada sedikit toko ritel. Alhasil, masyarakat antusias membelanjakan uangnya di toko tersebut sehingga menumbuhkan penjualan tertinggi.

"Pertumbuhan itu terjadi karena ada produk baru hadir yang tadinya nggak ada, itu jadi gairah di daerah. Seperti Mamuju di Sulawesi kemarin itu ramai karena mal saja (masyarakat) nggak pernah lihat," jelasnya.


Sementara itu, ia juga menargetkan penjualan hingga akhir tahun meningkat sebesar 10%. Hanya saja, mesti ada usaha yang dilakukan karena kondisi di Lebaran tahun ini yang tak sebaik tahun lalu.

"Harus lebih keras lagi ngejar ketertinggalan karena target hingga akhir tahun minimal 10%," tutup dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com