Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 14 Jun 2019 10:03 WIB

Ada Sidang Sengketa Pilpres di MK, Mal di Jakarta Tambah Pengamanan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Hari ini sidang sengketa pemilihan umum (Pemilu) dimulai di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan memastikan bahwa seluruh pusat perbelanjaan di Jakarta akan tetap buka. Meskipun sengketa Pemilu rawan akan terjadinya keributan, Stefanus yakin hal tersebut tidak akan terjadi.

"Kita yakin sih aman-aman aja ya semuanya, nggak ada ribut-ribut kayak kemarin. Kita pastikan semuanya (mall) tetap buka seperti biasa ya," kata Stefanus saat dihubungi detikFinance, Jumat (14/6/2019).

Memang sebelumnya terjadi keributan besar di Jakarta 21-22 Mei lalu akibat hasil Pilpres 2019 yang dinilai kental akan kecurangan. Namun, kini Stefanus menyebutkan kedua kubu peserta Pemilu telah memberikan sinyal positif pada pendukungnya agar tidak melakukan aksi-aksi yang berujung pada keributan.

"Saya yakin ya semua aman, semoga berjalan lancar dan aman sidangnya. Kedua kubu juga, mau 01 mau 02 kan sudah keluarin statement nggak usah ada pengerahan massa atau aksi sejenisnya," kata Stefanus.



Meski yakin akan aman tanpa keributan, Stefanus mengatakan mall-mall di Jakarta akan tetap dijaga ketat. Stefanus mengaku semua pusat perbelanjaan khususnya yang dekat dengan Gedung MK telah menambah personel keamanan.

"Cuma penjagaan aja ada tambahan dari aparat udah dari semalam ada tambahan penjagaan. Nggak banyak sih yang kita lakukan kita yakin aman, berapa personelnya tergantung permintaan masing-masing pengelola," katanya.

"Penjagaan kita sudah berlapis pokoknya, security ada, tambahan juga sudah ada," tambahnya.

Stefanus juga memastikan tidak ada imbauan untuk pusat perbelanjaan tutup setengah hari karena adanya sidang sengketa Pilpres 2019 yang rawan keributan.

"Nggak ada imbauan seperti itu (buka setengah hari), kami tetap buka seperti biasa," kata Stefanus.

Sebagai informasi, MK menggelar sidang perdana sengketa hasil Pilpres 2019 hari ini. Sidang digelar setelah permohonan dari pemohon pasangan capres cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno diterima MK pada 25 Mei 2019 lalu.




Simak Juga 'Ada Sidang di MK, Begini Pantauan Pengamanan dan Lalu Lintasnya':

[Gambas:Video 20detik]

Ada Sidang Sengketa Pilpres di MK, Mal di Jakarta Tambah Pengamanan
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed