Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 14 Jun 2019 11:15 WIB

Ada Sidang Sengketa Pilpres, Pedagang Tanah Abang Harap Tak Rusuh

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Blok B Tanah Abang/Vadhia Lidyana-detikFinance Foto: Blok B Tanah Abang/Vadhia Lidyana-detikFinance
Jakarta - Hari ini, Jumat (14/6/2019) sidang sengketa pemilihan umum (Pemilu) dimulai di Mahkamah Konstitusi (MK). Mulai ada pergerakan massa menuju gedung MK. Lalu, bagaimana aktivitas perdagangan di pasar Tanah Abang?

Dari pantauan detikFinance, para pedagang di Tanah Abang beraktivitas seperti biasa. Beberapa toko mulai buka pukul 07.00 WIB, tetapi ada beberapa yang memulai aktivitas pukul 08.00 atau 09.00 WIB.

Meskipun ada sidang sengketa pilpres di MK, dan juga beberapa jalanan mulai ditutup, para pedagang tetap berjualan normal hari ini.


"Saya udah tau mau ada itu (sidang di MK). Tapi tadi ke sini lancar saja karena saya datang dari pagi. Kita masih buka seperti biasa, bukanya dari jam 7. Tutupnya jam 4 nanti, normal saja," kata Hendro, salah satu pedagang di Blok A Tanah Abang.

Namun, para pedagang akan tetap melakukan antisipasi apabila ada kerusuhan akibat sidang tersebut. Nabila Shafa, pedagang busana wanita di Blok B Tanah Abang mengatakan, tokonya akan mengikuti arahan pengelola gedung Pasar Tanah Abang apabila ada keadaan darurat yang mengharuskan tokonya ditutup.

"Kita sesuai keadaan saja, kalau ada kerusuhan mungkin tetap lebih cepat tutupnya. Pokoknya kalau gedung arahin tutup ya sudah tutup," tutur Nabila.


Ia mengungkapkan, aksi pendemo 22 Mei lalu memang mengharuskan tokonya tutup lebih cepat dan juga libur selama dua hari.

"Yang kemarin memang dari arahannya gedung untuk tutup. Sebenarnya ingin buka, tapi dari gedung disuruh tutup. Kemarin kita tutup dua hari. Tapi hari ini belum mungkin, semoga saja sih nggak ada apa-apa," tambahnya.

Kemudian, personil keamanan Pasar Tanah Abang, Hariyanto mengatakan, pihaknya belum ada keputusan untuk memberi imbauan. Karena, hal tersebut dikhawatirkan dapat meresahkan para pedagang dan pembeli.

"Tidak ada imbauan. Kita operasional seperti biasa saja. Buka seperti biasa, tutup seperti biasa. Kalau ada imbauan nanti malah jadi nakutin pedagang dan pembeli," jelas dia.



Simak Juga 'Ada Sidang di MK, Begini Pantauan Pengamanan dan Lalu Lintasnya':

[Gambas:Video 20detik]

Ada Sidang Sengketa Pilpres, Pedagang Tanah Abang Harap Tak Rusuh
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com