Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 18 Jun 2019 10:36 WIB

Laporan dari Paris

Pesawat 'Super Irit' AirAsia akan Layani Rute Bangkok-Brisbane

Angga Aliya - detikFinance
Foto: Dok AirAsia Foto: Dok AirAsia
Paris - AirAsia akan menerbangkan pesawat A330neo pertama di Asia-Pasifik. Pesawat yang diklaim irit bahan bakar ini akan melayani rute perdana Bangkok-Brisbane.

Rute tersebut akan menjadi rute perdana A330neo untuk penerbangan jarak jauh di Asia-Pasifik. Sambil menunggu pembukaan rute tersebut, pesawat pabrikan Airbus itu ditempatkan di Don Mueang International Airport, Bangkok, Thailand.

Menurut Komisaris AirAsia X Tan Sri Rafidah Aziz, dalam jangka panjang pesawat baru ini akan melayani banyak rute jarak jauh. Namun untuk tahap pertama akan melayani Bangkok-Brisbane.


"Saat ini kami punya konektivitas, banyak rute ke Jepang, Korea Selatan, Malaysia, dan lain-lain. Nanti konektivitas ini bisa kita hubungkan ke Australia dengan pesawat baru ini," katanya di sela-sela ajang International Paris Air Show 2019 di La Bourget, Paris, Prancis, Senin (18/6/2019) waktu setempat.

Menurutnya, selama ini banyak rute di Asia-Pasifik yang dilayani dengan cara transit. Jika nanti rute ini dilayani dengan direct maka akan lebih efisien.

Peluncuran pesawat A330neo dengan logo AirAsia di badannya ini dilakukan di sela-sela ajang International Paris Air Show 2019. Seremoni itu dihadiri Tan Sri Rafidah Aziz, CEO AirAsia X Group Nadda Buranasiri, Chief Commercial Officer (CCO) Airbus Christian Scherer, dan President Civil Aerospace Rolls-Royce Chris Cholerton.


AirAsia sudah memesan 66 pesawat A330neo, dan dua di antaranya sudah didapat dengan leasing. Selain efisien, pesawat ini juga sudah melalui proses modifikasi kabin yang diklaim lebih nyaman dibanding pesawat lorong tunggal lainnya.

"Penumpang akan bisa melihat langsung bedanya, ruang duduk yang lebih lega, ruang penyimpanan barang yang lebih besar, colokan listrik di setiap tempat duduk, dan suara di kabin yang tidak berisik," kata Buranasiri.

Menurut Buranasiri dengan adanya pesawat baru ini maka ada peluang rute baru yang bisa dibuka dengan penerbangan langsung tanpa transit.

"Datangnya A330neo meningkatkan peluang kami buka rute baru. Penerbangan langsung ke Eropa atau Amerika Serikat (AS) sekarang jadi memungkinkan," tambahnya.



Tonton video Jajaran Pesawat Airbus di Paris Air Show 2019:

[Gambas:Video 20detik]

Pesawat 'Super Irit' AirAsia akan Layani Rute Bangkok-Brisbane
(ang/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed