Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 19 Jun 2019 14:33 WIB

Jokowi bakal Bicara Antisipasi Perang Dagang AS-China di KTT ASEAN

Hendra Kusuma - detikFinance
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Foto: Rengga Sancaya Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini mengumpulkan para menteri kabinet kerja untuk melakukan rapat terbatas (ratas) mengenai KTT ASEAN di Thailand dan KTT G20 di Jepang. Jokowi mengumpulkan para menteri kabinet kerja untuk menyusun strategi apa yang akan disuarakan dalam pertemuan internasional tersebut.

"Rapat terbatas siang ini, akan kita bahas persiapan kunker baik di KTT ASEAN atau KTT G20," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Untuk KTT ASEAN yang berlangsung pada tanggal 20-23 Juni 2019 di Thailand, Jokowi bilang, Indonesia harus menggunakan kesempatan pertemuan tersebut sebagai momentum penguatan ekonomi domestik.

"Dalam KTT 34 ASEAN di Thailand, saya lihat ada beberapa isu yang bisa kita angkat. Pertama kita harus mengajak negara-negara ASEAN bersatu dalam mengantisipasi perang dagang antara AS dan Tiongkok agar stabilitas ekonomi ASEAN tetap terjaga," ujar dia.


"Penting sekali kita ajak negara-negara ASEAN untuk bersatu," tegas dia.

Selanjutnya, Jokowi juga akan menyinggung mengenai permasalahan sampah laut yang selama ini terjadi, serta mengangkat masalah percepatan perdamaian di Rakhine State, Myanmar.

Sedangkan untuk KTT G20 di Jepang, Jokowi mengaku ingin mengangkat masalah perekonomian dan keuangan global, khususnya yang berkaitan dengan investasi. Lalu, Mantan Wali Kota Solo ini juga akan menyuarakan mengenai langkah inovasi dalam rangka pengembangan ekonomi digital dan artificial intelligence. KTT G20 akan berlangsung pada tanggal 26-29 Juni di Osaka, Jepang.

"Ketiga mungkin juga perlu diangkat mengenai penanganan kesenjangan, kualitas infrastruktur, ketenagakerjaan dan pemberdayaan perempuan di dunia," ungkap dia.

(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com