Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 22 Jun 2019 13:03 WIB

Bulan Syawal, Cincin Kawin Mulai Ramai Diburu

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Herdi Alif Al Hikam Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta - Bulan Syawal dalam kalender Hijriah biasanya menjadi momen yang dianggap baik untuk melangsungkan pernikahan. Cincin kawin pun menjadi barang buruan yang ramai dicari di Sentra Emas Cikini, Jakarta.

Beberapa pedagang mengakui hal itu, bahkan ada yang peningkatan pemesanan cincin kawinnya bukan lagi 100%, namun hingga 4 kali lipat. Salah satunya adalah Toko Emas Queen.

Anya salah satu penjaga toko ini mengatakan sebelum bulan puasa pemesanan cincin kawin hanya berkisar 5 pasang saja sebulan. Namun mendekati hingga usai lebaran tokonya bisa menampung belasan bahkan hingga 20 pasang cincin.

"Weeding ring lumayan, pesanan emang lebih banyak dari sebelum lebaran sampai sekarang. Kita bisa 10 sampe belasan pasang lebih kayanya 20 mah ada, bulan biasa mah palingan sekitaran 5 pasang doang," kata Anya yang ditemui detikFinance, Sabtu (22/6/2019).

Kalau kata Anya memang dekat-dekat lebaran trennya pasangan yang ingin menikah membeli cincin kawin.

"Biasa lah tahun ke tahun emang gini, musim orang pada mau nikah kalau habis lebaran, udah waktunya emang cincin kawin dicari," kata Anya.


Kalau Ahan pemilik Toko Emas Mulia mengatakan tokonya paling banyak mendapatkan pesanan cincin kawin seminggu sebelum lebaran. Dia memprediksi uang THR para pasangan yang digunakan untuk belanja persiapan pernikahan termasuk cincin kawin.

"Kalau sekarang habis lebaran nggak terlalu banyak di (toko) saya. Seminggu sebelum lebaran tuh banyak lumayan, yang mau kawin pada pake THR buat siap-siap kayaknya," kata Ahan.

Ahan mengatakan biasanya hanya 2-3 pasang pesanan cincin saja dalam sebulan yang dia terima, sebelum lebaran kemarin bisa mencapai 10 pasang.

"Biasanya 2-3 pasang doang ya, sebelum lebaran 10 pasang ada lah. Habis lebaran kemarin catatan saya masih sekitar 5 pasang cincin," kata Ahan.

Rudi, penjaga toko My Diamond juga mengatakan hal yang sama, cincin kawin memang laku mendekati lebaran. Bahkan, bisa mengalahkan penjualan perhiasan.

"Emang laku dekat-dekat lebaran banyak yang nyari, di Cikini lagi emang tempatnya nyari cincin kawin. Kalau perhiasan kan lagi sepi kayanya karena emas mahal, kalau cincin kawin ada aja," kata Rudi.

"Disini sampai sekarang sekitar 10-an dari sebelum lebaran udah pesanannya," tambahnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com