Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 25 Jun 2019 11:29 WIB

Harga Emas Lagi Tinggi, Beli Atau Jual?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Harga emas beberapa waktu terakhir terus mengalami kenaikan. Hari ini harga emas batangan di PT Aneka Tambang naik hingga Rp 10.500 dibandingkan hari sebelumnya. Antam kini menjual emas batangan Rp 713.000/gram

Sedangkan untuk harga buyback atau penjualan kembali saat ini berada di level Rp 642.000 per gram. Ini adalah harga yang dibayarkan oleh Antam jika anda menjual emas milik anda.

Jika harga emas sedang tinggi seperti ini baiknya dijual atau tidak ya?


Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho membagikan tips saat menghadapi harga emas yang merangkak naik.

Menurut dia dalam berinvestasi jangan mudah tergiur dengan pergerakan harga barang investasi. Karena investasi adalah tabungan untuk jangka panjang.

"Yang namanya berinvestasi seperti emas misalnya, ada baiknya jika barang tersebut dijual jika memang benar-benar dibutuhkan. Memang, setiap goals setiap orang itu berbeda-beda," kata Andy saat dihubungi detikFinance, Selasa (25/6/2019).


Dia mengungkapkan, tak salah jika orang memiliki goals untuk mendapatkan keuntungan dari peningkatan harga jual. Namun, alangkah baiknya jika investasi emas adalah untuk jangka panjang ke depan.

"Jika keadaannya belum ada yang mendesak, maka tidak ada salahnya untuk ditahan, karena harga emas pasti akan terus naik," jelas dia.

Dari pemberitaan detikFinance harga emas batangan yang dijual di Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9%. Bila ingin mendapatkan potongan pajak lebih rendah, yaitu sebesar 0,45% maka calon pembeli bisa membawa nomor pokok wajib pajak (NPWP) saat transaksi.



Harga Emas Lagi Tinggi, Beli Atau Jual?
(kil/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com