Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 25 Jun 2019 14:05 WIB

Harga Tiket Pesawat Harus Turun Paling Lambat 1 Juli

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta maskapai menurunkan harga tiket pesawat penerbangan berbiaya hemat (low cost carrier/LCC) paling lambat 1 Juli 2019. Hal itu sebagai tindak lanjut rapat koordinasi (rakor) di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian pada 20 Juni 2019.

Dalam rakor tersebut pemerintah meminta maskapai menurunkan harga tiket di minggu ini atau paling lambat 1 Juli 2019.

"Akhir minggu ini, paling lambat 1 Juli ya," kata Darmin di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (25/6/2019).


Dia mengatakan, pihak maskapai, Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II selaku operator bandara, dan Pertamina selaku pemasok bahan bakar pesawat masih melakukan penyesuaian dalam rangka mendukung penurunan harga tiket pesawat.

"Memang masing-masing sedang menghitung karena itu tidak hanya satu pihak. Itu Angkasa Pura berapa mikul bebannya, Pertamina berapa, kemudian maskapai berapa. Jadi mereka masih harus hitung-hitungan nih," jelasnya.


Di samping itu, dia menegaskan bahwa penurunan harga tiket tidak berlaku secara menyeluruh. Harga tiket pesawat yang turun tersedia di jam dan rute tertentu.

"Artinya gini, nggak semua turun lho, kesepakatan kita adalah karena waktu itu kan sudah diturunkan tapi tidak cukup tinggi, tidak cukup banyak turunnya, sehingga kesepakatannya adalah mereka harus menyediakan flight tertentu jam berapa misalnya, dia harus rendah, harus turun," paparnya.

Darmin mencontohkan, bisa saja nanti maskapai menurunkan harga tiket untuk penerbangan yang bukan jam-jam sibuk, misalnya di siang hari.

"Misalnya yang agak ini kan laku keras pagi sama sore, jadi yang siang dimurahin. Arahnya gitu," tambahnya.



Harga Tiket Pesawat Harus Turun Paling Lambat 1 Juli
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com