Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 28 Jun 2019 14:37 WIB

Insentif Buat Maskapai Agar Harga Tiket Turun Tinggal Diteken Jokowi

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: andhika/detikcom Foto: andhika/detikcom
Jakarta - Pemerintah menjanjikan akan memberikan insentif ke maskapai penerbangan dalam rangka mendukung penurunan harga tiket pesawat penerbangan murah (low cost carrier/LCC). Saat ini payung hukumnya tinggal ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Insentif tersebut nantinya akan diberikan untuk biaya persewaan, perawatan hingga suku cadang pesawat. Bentuk relaksasi fiskal yang akan diberikan kemungkinan berupa potongan pajak. Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso menjelaskan, insentif yang disiapkan sudah ditandatangani oleh para menteri.

"Sudah diparaf oleh para menteri terkait. Saat ini sedang proses di Setneg untuk ditandatangani oleh bapak presiden," katanya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (28/6/2019).


Sementara Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution belum bisa menyebutkan kapan pastinya insentif tersebut diundangkan untuk kemudian berlaku.

"Ya cek saja diundangkannya kapan. Kan setelah diteken (para menteri) masih ada pengundangan," sebutnya.

Darmin mengatakan, pihaknya juga akan menagih pihak maskapai jika hingga Senin 1 Juli 2019 tidak menurunkan harga tiket sesuai kesepakatan dalam rapat koordinasi yang dipimpin olehnya minggu lalu.


"Pokoknya tunggu saja Senin, kalau nggak ya kita tagih," tambahnya.

Susi pada kesempatan lain pernah mengatakan bahwa bisa saja nanti bentuk relaksasi fiskal ini berupa potongan PPn.

"Bentuknya bisa potongan PPn barang impor atau bagaimana nanti ya, pokoknya substansinya sudah ada, tinggal kita bahas aja sama Kemenkeu, harus hati-hati kebijakan fiskal ini," katanya Kamis (20/6/2019).



Tonton Video Harga Tiket Pesawat Harus Turun Paling Lambat 1 Juli:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Dampak Tiket Pesawat Mahal, Jasa Ekspedisi Ikut Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com