Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 01 Jul 2019 12:12 WIB

13 Rute Penerbangan Pindah ke Kertajati, Bandara Husein Sepi

Mukhlis Dinillah - detikFinance
Foto: Mukhlis Dinilah Foto: Mukhlis Dinilah
Bandung - 13 rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung beralih ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) mulai hari ini. Dampaknya, Bandara Husein Sastranegara tampak sepi.

Berdasarkan pantauan detikFinance, Senin (1/7/2019) sekitar pukul 10.30 WIB, suasana Bandara Husein Sastranegara sepi. Hanya terlihat segelintir penumpang yang tengah menunggu jadwal penerbangan

Tidak terlihat aktivitas penumpang yang keluar masuk pintu domestik atau luar negeri.

Situasi ini berbeda dengan hari-hari sebelumnya yang selalu ramai penumpang di bandara tersebut. Wajar saja, sebagian rute penerbangan di bandara tersebut pindah ke BIJB di Majalengka.

Hal itu juga diakui oleh salah seorang petugas bandara, Toni Panjaitan. Semenjak diberlakukannya peralihan sejumlah rute, Bandara Husein Sastranegara tidak tampak aktivitas mencolok.

"Iya kelihatan sepi. Soalnya mayoritas yang pindahnya. Kan tinggal penerbangan luar negeri, dalam Jawa dan ATR," kata Toni kepada detikfinance.


Dihubungi terpisah, Eksekutif General Manajer Bandara Husein Sastranegara Andika Nuryaman mengakui adanya jumlah penumpang menurun karena peralihan tersebut. Meski, tidak berdampak signifikan.

"Otomatis memang berkurang (penumpang). Tapi masih normal, nggak sepi banget," kata Andika via telepon genggam.

Menurutnya peralihan sejumlah rute tersebut tidak akan berdampak siginifikan terhadap aktivitas bandara. Pasalnya, pihaknya tengah berupaya menambah frekuensi penerbangan menggantikan rute yang pindah.

"Tapi kan kita ada penambahan lain yang Surabaya ke Yogyakarta itu sudah kita lakukan juga. Termasuk kita mau usaha nambah internasional juga ke Bangkok misalnya. Nanti jumlahnya sama kayak yang pindah," tutur dia.

Ia memastikan masa transisi perpindahan ini berjalan lancar. Sejauh ini tidak ada keluhan dari penumpang yang masih belum mengetahui sejumlah penerbangan luar Jawa pindah.

"Sejauh ini belum ada keluhan atau nyasar ke sini. Sebelumnya kita sosialisasikan baik lewat medsos dengan di Bandung sendiri ada videotron, spanduk dan pengumuman setiap satu jam sekali, kami terus sosialisasi mengenai penerbangan yang pindah," ujar Andika.




Tonton video Dimulai Hari Ini Peralihan Penerbangan dari Bandung ke Kertajati:

[Gambas:Video 20detik]

(mud/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com