Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 01 Jul 2019 12:17 WIB

BPJS TK Resmikan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Berau

Mustiana Lestari - detikFinance
Foto: Mustiana Lestari Foto: Mustiana Lestari
Jakarta - BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) meresmikan Kampung Maluang, Berau Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Desa Sadar Jaminan Sosial ini langsung diresmikan oleh Direktur Kepesertaan BPJSTK, E Ilyas Lubis bersama Wakil Bupati Kabupaten Berau, H Agus Tantomo.

"Pada tahun 2019 ini, Kampung Maluang menjadi desa ke-3 yang resmi dinobatkan sebagai desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Target kami sepanjang tahun 2019 ini sebanyak 198 desa akan dinobatkan sebagai desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan", tutur Ilyas di lokasi, Berau, Kalimantan Timur, Senin (1/7/2019).

Lebih lanjut, Ilyas mengajak warga desa-desa di wilayah Berau yang lain ikut mencontoh desa Maluang yang juga menjadi desa percontohan KB ini. Sehingga diharapkan jaminan sosial di daerah pinggir Indonesia ini semakin merata.

"Ini jadi trigger di desa lain. Bagaimana juga pemerintah daerah hadir dan mengimbau seluruh kampung dan dampaknya juga bisa ke kampung lainnya. Bahkan bisa berpengaruh ke kabupaten dan kota," tambah Ilyas.

Sementara itu, Agus Tantomo mengakui kesadaran untuk mendapatkan jaminan sosial di daerahnya masih tergolong kecil. Makanya dia pun mengandeng BPJS TK untuk bersama-sama menyosialisasikan jaminan sosial ini pada agenda-agenda Pemda.

"Tugas kita memberi kesadaran untuk masyarakat. Kesulitan kita untuk mereka ikut program BPJS TK dan kesehatan karena belum sadar apa sih manfaatnya. Biasanya sadar kalau sudah kena kecelakaan," tandas Agus.

Oleh karena itu dia mengatakan akan menggerakkan Dinas Ketenagakerjaan setempat untuk menjadikan kepesertaan BPJS TK sebagai tolak ukur keberhasilan mereka.

Sebagai informasi salah satu syarat dinobatkannya sebuah desa sebagai desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan adalah dengan terdaftarnya para aparatur desa pada program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh BPJSTK.

Inisiatif awal pembentukan desa sadar jaminan sosial ini bermula pada tahun 2017, sebanyak 276 desa dinobatkan sebagai desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan yang kemudian dilanjutkan pada tahun 2018 sebanyak 201 desa. Jadi, di penghujung tahun 2019 nanti, Indonesia sudah memiliki 675 desa yang resmi menyandang predikat desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Profil Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Berau sedikitnya 13 Kecamatan menjadi wilayah operasional Kantor Cabang Berau mulai dari Kec. Tanjung Redeb, Teluk Bayur, hingga Biduk-biduk, juga Kec. Maratua dan Pulau Derawan.

Total angkatan kerja yang dimiliki Kab. Berau tercatat mencapai lebih dari 143 ribu orang dengan potensi setidaknya 1300 perusahaan atau Pemberi Kerja.
Terhitung Mei 2019, Kantor Cabang Berau mencatatkan kinerja terkait kepesertaan aktif & Iuran yaitu sebanyak 1.067 Badan Usaha/Pemberi Kerja dengan tenaga kerja aktif sebanyak 50.120 pekerja dengan total iuran sebesar Rp 72,55 miliar. Dari sisi pelayanan jaminan, Kantor Cabang Berau telah membayarkan klaim dengan total Rp 13,01 miliar yang 89,3% didominasi oleh klaim Jaminan Hari Tua (JHT).

Dengan adanya desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan ini, diharapkan akan mampu memberikan kontribusi positif kepada masyarakat pekerja dengan meningkatnya kesadaran berjaminan sosial seluruh masyarakat.



Tonton juga video Sri Mulyani Beri Sinyal Iuran Peserta BPJS Bakal Naik!:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Korban Pelecehan Dewas BPJS-TK Minta RUU PKS Disahkan"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com