Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 01 Jul 2019 18:08 WIB

Selamatkan Peternak, Kemendag bakal Gelar Bazar Ayam

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Eko Susanto/detikcom Foto: Eko Susanto/detikcom
Jakarta - Polemik jatuhnya harga ayam di tingkat peternak membuat pemerintah harus putar otak. Beberapa upaya dilakukan untuk menyelamatkan peternak.

Salah satu yang dilakukan adalah menyediakan lahan di gedung kementerian untuk peternak menjual langsung ayamnya. Hal itu dilakukan oleh Kementerian Perdagangan.

"Kita minta kementerian juga menjual di kantor kementerian, gitu. Kementerian Perdagangan kah, Pertanian kah. Jadi mereka lakukan bazar," kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Tjahya Widayanti di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (1/7/2019).

Widayanti menambahkan, hal itu akan dilakukan terus menerus hingga harga ayam di tingkat peternak kembali stabil. Di sisi lain pemerintah juga mencari solusi untuk menjaga harga ayam di tingkat peternak.

"Sampai nanti harga kembali. Sekarang kan juga sudah kembali, satgas pangan bilang sudah Rp 16 ribu per kg. Kan ini Imbauan tergantung dari kementerian itu sendiri kapan melaksanakannya. Kita Kemendag setiap Minggu sekali. Mulai Minggu lalu sudah 200 ekor," tambahnya.


Sebelumnya Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita mengatakan upaya penyelesaian masalah mulai terlihat titik terang. Menurut catatannya harga ayam di tingkat peternak sudah mencapai Rp 18 ribu per kg.

"Sudah naik, di tingkat peternak barusan di Jateng harga Rp 17-18 ribu per kg," ujarnya.

Upaya pemerintah sendiri dengan mendorong perusahaan peternakan untuk mengurangi produksi bibit ayam potong. Anehnya, baru satu hari dilakukan harga ayam ditingkat peternak sudah naik.

"Kalau logika saya, jika kita potong telur atau kurangi hedging egg dampaknya mestinya bulan depan. Tapi, sekarang satu hari aja sudah naik, nah itu jawab aja," ujarnya.



Simak Video "Resep Nasi Bakar Ayam yang Bikin Nagih"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com