Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 07 Jul 2019 19:05 WIB

Laporan dari Skotlandia

Gandeng 3 Universitas Top Eropa, PLN Perkuat Big Data dan Hukum Energi

AN Uyung Pramudiarja - detikFinance
Foto: Ilustrasi Pegawai PLN/Dikhy Sasra
Skotlandia - Menjawab tantangan industri 4.0, PLN berbenah dari sisi pengelolaan sumber daya manusia. Kerja sama dengan 3 kampus top di Eropa diharapkan bisa memperkuat kualitas para pegawainya.

Ketiga kampus tersebut adalah University of Groningen (Fryslan Campus) di Leeuwedeen, Belanda; Technische Universitat (TU) Wien di Wina, Austria; dan University of Aberdeen di Aberdeen, Skotlandia. Kerja sama ini didukung juga oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).


Dalam kunjungan kerja di ketiga kampus tersebut, Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali menekankan pentingnya memanfaatkan big data dalam mengoptimalkan penempatan maupun jenjang karier para pegawai. Kerja sama dengan Groningen University akan difokuskan pada bidang tersebut, dengan difasilitasi oleh Fakultas Psikologi UGM.

"Data sudah ada, tapi cara bacanya bagaimana? Itu kami belum punya ilmunya," kata Ali, saat ditemui di Amsterdam, Belanda, dalam perjalanan menuju Aberdeen, Skotlandia, Kamis (4/7/2019).

Dengan TU Wien, ITB akan memfasilitasi kerja sama terkait computer science. Diharapkan para pegawai PLN yang tengah belajar di ITB punya kesempatan untuk memperdalam ilmu di kampus tersebut sekaligus mendapat pengalaman kerja.


Kerja sama di bidang hukum energi difasilitasi oleh Fakultas Hukum UGM, dengan menggandeng University of Aberdeen di Skotlandia. Terletak di pusatnya industri minyak lepas pantai di Eropa, kampus ini cukup dikenal di dunia dengan reputasinya di bidang hukum energi.

"Kerja sama jangka pendeknya adalah short course. Jangka panjang, exchange (pertukaran) dan dual degree," kata Dekan Fakultas Hukum UGM, Prof Sigit Riyanto, yang juga turut serta dalam kunjungan ke ketiga kampus tersebut.

Simak Video "PLN Pantau Banjir, Sejumlah Gardu Listrik Masih Padam"
[Gambas:Video 20detik]
(up/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DRoofTalk
×
Gaduh Kerajaan Galuh
Gaduh Kerajaan Galuh Selengkapnya