Charoen Pokphand Resmikan Rumah Potong Hewan Unggas ke-6 di Bali

Akfa Nasrulhak - detikFinance
Selasa, 09 Jul 2019 12:33 WIB
Foto: Dok. Chaoren Pokphand
Jakarta - Charoen Pokphand Indonesia (CPI) kembali meresmikan Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU) yang keenam di Kecamatan Selemadeg Barat, Tabanan Bali. Kehadiran RPHU ini untuk menunjang kebutuhan daging ayam di Bali yang dinilai sebagai daerah tujuan wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Presiden Direktur CPI, Thomas Effendy menjelaskan, pihaknya tidak hanya menyediakan RPHU saja, namun juga mengembangkan sampai dengan tahap pendistribusian.

"Kami berkomitmen untuk tidak berhenti sampai di RPHU saja, akan tetapi kami terus kembangkan sampai dengan tahap pendistribusian ke konsumen melalui gerai-gerai Prima Freshmart yang sampai akhir tahun 2019 ini akan dibuka kurang lebih 600 gerai sehingga konsumen dapat langsung menikmati ayam beku ASUH yang telah diproses oleh RPHU kami, dengan harga cukup terjangkau," jelas Thomas, dalam keterangan tertulis, Selasa (9/7/2019).


RPHU di Bali dioperasikan dengan kapasitas produksi sebesar 2.000 ekor per jam, dengan menjalankan 1 shift selama 7 jam. Produksi dapat ditingkatkan hingga 28.000 ekor per hari selama 14 jam dengan menyesuaikan kebutuhan. RPHU ini memiliki fasilitas pendingin (Cold Storage) dengan kapasitas 45 ton untuk ayam segar (Fresh Chilled), 50 ton untuk ayam beku, dan 50 ton untuk Food Process Product.

Thomas menjelaskan, selain memiliki Breeding Farm, Hatchery dan Pabrik Pakan, pihaknya juga ikut mendukung pengembangan usaha di hilir, yaitu dengan mendirikan RPHU dan rantai dinginnya. Selain itu juga mendirikan pabrik pengolahan daging ayam di beberapa tempat di Indonesia, yang hasilnya sudah di ekspor ke beberapa negara, antara lain Timor Leste, Papua Nugini dan Jepang.

Jumlah RPHU yang telah dimiliki oleh CPI sampai saat ini adalah 6 unit, yaitu di Medan, Serang Banten, Bandung Jawa Barat, Salatiga Jawa Tengah, Mojokerto Jawa Timur dan Bali.


Sampai dengan akhir tahun 2019, CPI akan memiliki total 11 RPHU dengan kapasitas potong 455.000 ekor per hari. Pada akhir kwartal 4 tahun 2020, CPI memiliki target 17 RPHU sesuai yang telah direncanakan, dengan kapasitas potong sebesar 765.000 ekor per hari.

Peresmian RPHU ini juga dihadiri oleh Kadis Peternakan & Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Bali, I Wayan Mardiana, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, I. Ketut Diarmita, dan beberapa tamu undangannya lainnya.

Simak Video "Abattoir yang Terbengkalai, Jejak Kolonial Belanda di Kota Cimahi"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fdl)