Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 09 Jul 2019 13:42 WIB

Tarif Cukai Kantong Plastik akan Bervariasi

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi cukai kantong plastik/Foto: Rifkianto Nugroho Ilustrasi cukai kantong plastik/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) saat ini sedang menyiapkan cukai kantong plastik. Tarif cukai yang diusulkan ke DPR nanti tidak akan berlaku flat, tapi variasi.

Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai Kementerian Keuangan Nirwala Dwi Heryanto menjelaskan tarif cukai kantong plastik akan variasi tergantung tingkat keramahan terhadap lingkungan. Itu akan diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurai kantong plastik tersebut.

"Pengendalian kantong plastik dengan mekanisme cukai lebih tepat karena besaran tarif cukai bisa dikenakan berdasarkan karakter barangnya," katanya dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Pengembangan Industri Plastik dengan Berorientasi Pada Lingkungan" di Kantor Kemenperin, Jakarta, Selasa (9/7/2019).


Nantinya akan ditentukan kantong plastik seperti apa yang dikenakan cukai, berapa besar tarifnya, serta yang dibebaskan dari cukai.

"Dipungut pun ada gradasi tarifnya. Semakin ramah lingkungan, tarifnya lebih rendah, kalau tidak ramah lingkungan akan kena tarif normal. Prinsipnya pengenaan tarif disinsentif yang tidak ramah lingkungan, tapi insentif bagi yang ramah lingkungan," jelasnya.

Itu dilakukan dengan tujuan agar semakin banyak produk kantong plastik ramah lingkungan yang dihasilkan oleh produsen.


Nantinya gradasi tarif cukai akan dibahas bersama kementerian/lembaga (K/L) terkait yang lebih paham mengenai klasifikasi kantong plastik.

"Nanti gradasinya, untuk mana yang ramah lingkungan, yang tidak ramah lingkungan ada K/L yang lebih kompeten melakukan klasifikasi. Tarifnya prinsipnya Rp 30.000/kg, Rp 200/lembar," tambahnya.

Simak Video "Pengumuman! Cukai Rokok Naik Mulai 1 Januari 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com