Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 10 Jul 2019 12:39 WIB

Habib Rizieq Mau Pulang ke RI, Segini Harga Tiket Pesawatnya

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Seruan Habib Rizieq Jelang Reuni 212 (Youtube Front TV) Foto: Seruan Habib Rizieq Jelang Reuni 212 (Youtube Front TV)
Jakarta - Nama Habib Rizieq kembali menjadi perbincangan yang hangat beberapa hari ini. Rekonsiliasi pasca Pemilu disebut menjadi momen yang tepat untuk memulangkan Imam Besar FPI tersebut.

Namun, wacana ini menjadi polemik. Permintaan memulangkan Rizieq oleh mantan Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak ditolak mentah oleh pemerintah. Rizieq diminta pulang sendiri ke Indonesia.

Terlepas dari polemik tersebut, kepulangan Rizieq ke Tanah Air membutuhkan persiapan yang matang. Pasalnya perjalanan dari Arab Saudi, atau tempat tinggalnya saat ini ke Indonesia membutuhkan waktu yang tidak sebentar.


Untuk kembali ke Tanah Air, ada hal penting yang harus disiapkan oleh Rizieq. Pria yang pergi ke Arab Saudi pada April 2017 lalu tersebut harus memesan tiket pesawat. Moda transportasi ini menjadi pilihan utama jika ingin cepat sampai ke tujuan.

detikFinance melakukan simulasi pemesanan tiket pesawat dari Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Sabtu 27 Juli 2019. Ada beberapa maskapai yang menawarkan perjalanan di hari tersebut, di antaranya Oman Air, Etihad Airways, hingga Emirates.

Harga tiket pesawat yang ditawarkan juga beragam. Paling murah dijual seharga Rp 4,7 juta dengan satu kali transit yang memakan waktu sekitar 13 jam hingga ada yang satu hari oleh Oman Air.


Tenang, masih ada pilihan lainnya jika ingin tiba di Indonesia lebih cepat. Saudia Airlines menawarkan perjalanan selama 9 jam 45 menit ke Tanah Air. Namun harus membayar lebih mahal, yaitu sebesar Rp 5,5 juta. Ini merupakan penerbangan langsung.

Jika penasaran dengan maskapai lain, bisa mencoba Etihad Airways dengan harga tiket Rp 8,9 juta. Perjalanan menggunakan Etihad memakan waktu 18 jam karena perlu transit sebanyak dua kali.

Selanjutnya, Emirates juga menawarkan harga yang tidak jauh berbeda yaitu Rp 9 juta untuk perjalanan selama 12 jam 45 menit. Perjalanan menggunakan Emirates membutuhkan satu kali transit sebelum tiba di Indonesia.


Sementara ini, harga tiket pesawat dari Arab Saudi ke Indonesia yang paling murah adalah Oman Air sebesar Rp 4,7 juta. Perjalanan menggunakan Oman Air membutuhkan satu kali transit dan memakan waktu sekitar 13 jam 55 menit.

Selain dari Jeddah, perjalanan menuju Indonesia dari Arab Saudi juga bisa melalui Bandara Internasional King Khaled di Riyadh. Beberapa maskapai tersebut juga melayani rite Riyadh-Cengkareng dengan harga yang tidak terlalu berbeda. Kemudian juga bisa melalui Bandara Prince Mohammad Bin Abdulaziz di Madinah dengan harga yang juga sama.

Simak Video "Hitung-hitung Biaya Hidup Habib Rizieq di Arab Saudi"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com