Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 11 Jul 2019 12:37 WIB

Harga Tiket Pesawat Turun, Bisa Dongrak Jumlah Penumpang?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Harga tiket pesawat berbiaya rendah (low cost carrier/LCC) dipastikan turun. Penurunan berlaku pada penerbangan domestik Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 10.00-14.00 waktu setempat.

Penurunan harga tiket pesawat pada waktu tertentu diyakini bisa mendongkrak jumlah penumpang. Namun untuk persentasenya belum bisa dipastikan karena kebijakan ini baru berlaku.

"Itu akan mendongkrak, tapi untuk berapa persen nanti saya kasih tahu ya setelah seminggu," kata Ketua Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Nunung Rusmiati kepada detikFinance, Kamis (11/7/2019).


Tiket pesawat jet LCC domestik mengalami penurunan sebesar 50% dari tarif batas atas (TBA). Sedangkan alokasi kursinya untuk tiket murah ini sebanyak 30%.

Penurunan harga tiket pesawat tidak bisa signifikan mendongkrak penumpang pesawat. Pasalnya penurunan hanya berlaku di waktu tertentu.

"Kalau mau signifikan tidak, tapi pertama-tama kami apresiasi pemerintah," tuturnya.


Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penumpang pesawat domestik di Mei 2019 mencapai 5,25 uta orang. Angka itu 27,74% jika dibandingkan bulan yang sama di 2018 sebesar 7,27 juta orang.

Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, jumlah penumpang pesawat di Mei 2019 juga turun 7,1%. Pada April 2019 jumlah penumpang pesawat domestik mencapai 5,66 juta orang.

Penurunan jumlah penumpang pesawat disinyalir dari harga tiket pesawat yang mahal. Masyarakat cenderung memilih moda transportasi lain seperti melalui jalur darat.


Harga Tiket Pesawat Turun, Bisa Dongrak Jumlah Penumpang?


Simak Video "Maskapai Komplain Soal Harga Tiket, Ini Kata Menhub"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com